5 Komposisi yang Harus Diketahui Pehobi Foto di Smartphone

Kamis, 28 Januari 2021 - 14:20 WIB
loading...
5 Komposisi yang Harus Diketahui Pehobi Foto di Smartphone
Walau sekadar memotret di smartphone, tetap saja pehobi foto harus paham tentang komposisi. Foto: dok Samsung Indonesia.
A A A
JAKARTA - Ada banyak cara untuk menjadi seorang pehobi foto . Selain memiliki perlengkapan memotret yang lengkap seperti kamera, lensa dan lain sebagainya, menjadi pehobi foto harus mengetahui komposisi.

Jenis komposisi dalam fotografi ada 5, berikut adalah rangkumannya. Teori ini tidak hanya berlaku untuk kamera DSLR, namun juga smartphone .



1. Rule of Third

Komposisi ini paling umum dipakai oleh fotografer. Selain itu, Rule of Third merupakan komposisi yang mudah untuk dipelajari. Teorinya adalah dua garis vertikal dan dua garis horizontal yang besarnya sama dan membentuk ruang kotak. Kemudian objek yang dibidik harus terletak di dalam kotak-kotak tersebut.

2. Framing

Framing yang dimaksud adalah memposisikan objek tepat di dalam benda-benda apa saja yang terlihat dan membentuk sebuang bingkai di lensa kamera. Jika berhasil, hasil foto tersebut akan terlihat presisi.

3. Diagonal

Komposisi foto diagonal yakni dengan memanfaatkan garis diagonal suatu benda yang ada di lingkungan sekitar kemudian menempatkan objek pada salah satu garis tersebut.

4. Simetri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)