Tips Jaga Privasi Data Selama Physical Distancing

Jum'at, 17 April 2020 - 11:31 WIB
loading...
Tips Jaga Privasi Data Selama Physical Distancing
Ilustrasi Belajar di Rumah. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Selama physical distancing, banyak orang yang semakin sering menggunakan internet, baik untuk berkomunikasi, belajar, bekerja, atau bahkan sekadar menghilangkan rasa bosan di rumah.

Namun, banyak yang tidak menyadari aktivitas online mereka tidak terlepas dari risiko keamanan data pribadi.

Pengguna internet sudah seharusnya selalu waspada akan privasi data meskipun tengah disibukkan dengan aktivitas menyenangkan di Internet.

Dalam keterangan resminya, Jumat (17/4/2020) Mozilla membagikan tips menjaga privasi data di Internet selama physical distancing:

1. Pilih kata sandi (password) yang unik dan kuat untuk setiap akun

Kata sandi yang lemah dapat lebih mudah ditebak atau dibobol melalui serangan brutal atau “brute-force attacks” lewat jaringan internet. Kata sandi yang kuat adalah garis pertahanan terhadap upaya peretasan dan akses yang tidak sah atau tidak memiliki izin pada akun Anda.

Penggunaan kembali kata sandi adalah masalah keamanan yang mudah dihindari. Ketika menyiapkan sebuah akun baru, ‘password manager’ dapat membantu pengguna memilih kata sandi yang kompleks dan unik, disimpan secara aman dan tersedia saat dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperkuat kata sandi dari Mozilla:

2. Stop jika ada sesuatu yang mencurigakan

Malware dan phising merupakan bentuk ancaman terhadap keamanan di dunia maya yang terus-menerus terjadi, dan semua pengguna internet rentan terhadap ancaman-ancaman tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)