Kenali 3 Jenis Lisensi Windows Agar Terhindar dari Lisensi Bajakan

Sabtu, 09 Januari 2021 - 20:05 WIB
loading...
Kenali 3 Jenis Lisensi Windows Agar Terhindar dari Lisensi Bajakan
Tampak toko penjual laptop di Jakarta. Foto: Sindonews/yorri farli
A A A
JAKARTA - Salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli laptop adalah jenis lisensi Microsoft Windows yang dipakai. Dengan mengenali jenis lisensi Windows tersebut, konsumen terhindar dari aktivasi windows tak legal (bajakan).

Setidaknya ada tiga jenis lisensi Windows terpercaya dan memiliki hak paten. Pada dasarnya, ketiga lisensi tersebut memiliki fungsi yang sama. Berikut rangkumannya:

Baca Juga: Microsoft Store
Dalam paket lisensi ini, konsumen akan mendapatkan produk fisik berupa box, disk, manual book dan product key untuk mengaktivasi Windows.

2. Lisensi OEM
Kenali 3 Jenis Lisensi Windows Agar Terhindar dari Lisensi Bajakan

OEM sendiri kepanjangannya adalah Original Equipment Manufacture dan merupakan jenis lisensi Windows produksi vendor laptop yang digunakan.

Biasanya, lisensi jenis ini sudah tertanam pada perangkat hardware komputer, baik laptop maupun PC Deskstop ternama.

BACA JUGA: Rawat Rantai Motor Nggak Sekadar Disemprot WD-40, Begini Caranya...

3. Lisensi Volume

Lisensi yang ketiga ini adalah Lisensi Volume di mana lisensi bisa dipasang di lebih dari satu perangkat komputer secara bersamaan. Lisensi ini dikeluarkan oleh Microsoft kepada pelaku bisnis yang menggunakan banyak komputer.

Lantaran penggunaannya cukup banyak, Microsoft biasanya memberikan penawaran khusus kepada pelaku bisnis untuk memberikan satu lisensi yang bisa dipakai lebih dari satu komputer Windows di perusahaan tersebut.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)