Apple Punya Dua Calon iPhone Layar Lipat, Mirip Razr dan Galaxy Fold

Minggu, 03 Januari 2021 - 23:15 WIB
loading...
Apple Punya Dua Calon iPhone Layar Lipat, Mirip Razr dan Galaxy Fold
Apple dikabarkan memiliki dua model iPhone layar lipat. Satu model mirip Motorola Razr dan lainnya menyerupai Samsung Galaxy Fold. Foto/Ist
A A A
CUPERTINO - Apple sedang mengembangkan iPhone layar lipat . Kabar terakhir mengungkap raksasa Cupertino telah meringkas desain akhir menjadi dua versi berbeda. (Baca juga: Empat Model iPhone 12 Sudah Nongkrong di Gerai iBox, Yuk Dibawa Pulang! )

Produsen kontrak Apple, Foxconn, dilaporkan menempatkan dua desain berbeda melalui uji kontrol kualitas assembler. Perlu dicatat bahwa ponsel yang sudah jadi tidak diuji. Sebagai gantinya, wadah dari ponsel yang dapat dilipat dan layarnya diuji di fasilitas Foxconn Shenzhen untuk mengukur daya tahan dari dua desain yang berbeda; keduanya berhasil lulus.

Salah satu desain yang sedang dipertimbangkan Apple untuk iPhone layar lipat adalah gaya flip yang mirip dengan Motorola Razr dan Samsung Galaxy Z Flip. Saat ditutup, model ini menampilkan layar eksternal kecil (Razr) atau ticker (Galaxy Z Flip), dan flip terbuka menjadi ponsel layar besar.
Apple Punya Dua Calon iPhone Layar Lipat, Mirip Razr dan Galaxy Fold

Desain lipat kedua yang diuji untuk Apple adalah desain yang menyerupai buku yang dapat dibuka dan ditutup seperti Galaxy Fold. Dengan desain ini, pengguna iPhone akan membuka perangkat dan mengubahnya menjadi tablet iPad saat layar yang lebih besar dibutuhkan.

Melansir Money UDN, AppleInsider menyatakan, laporan tersebut menunjukkan bahwa Apple akan menentukan pro dan kontra dari kedua desain tersebut dan memilih salah satu untuk diproduksi. Laporan ini sesuai dengan laporan sebelumnya dari bulan lalu yang mengatakan Apple telah mengirimkan unit prototipe iPhone yang dapat dilipat ke Foxconn dengan kemungkinan peluncurannya pada bulan September 2022.

Dan ada beberapa berita lain yang dapat disampaikan kepada Anda hari ini mengenai iPhone yang dapat dilipat. Apple telah mengajukan permohonan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) untuk meminta paten untuk iPhone yang dapat dilipat. Aplikasi tersebut berjudul "Melipat Perangkat Elektronik dengan Engsel Bergerak".
Apple Punya Dua Calon iPhone Layar Lipat, Mirip Razr dan Galaxy Fold

Berdasarkan permohonan paten, perangkat yang dapat dilipat akan menggunakan engsel roda gigi yang memungkinkan perangkat untuk melipat ke dalam dan ke luar. Seperti yang dinyatakan dalam permohonan paten, "Jika ukuran kompak diinginkan dalam konfigurasi lipat, perangkat dapat diatur agar kompak dengan melipat bagian ... bersama-sama. Perangkat dan tampilan dapat, misalnya, dilipat ke dalam dan/atau ke luar [a] sumbu lengkung."

Jika iPhone yang dapat dilipat dirilis pada 2022 seperti yang dikabarkan, smartphone bisa debut tepat pada waktunya untuk ditenagai oleh chipset pertama yang diproduksi menggunakan node proses 3nm. Apple dilaporkan telah memesan dengan pengecoran kontrak teratas di dunia, TSMC, untuk produksi 3nm pada 2022.

Apple akan menggunakan proses manufaktur untuk chip seri A yang digunakan bagi iPhone. Lalu chip seri M baru yang digunakan untuk menggantikan SoC Intel pada beberapa Mac. (Baca juga: Menperin Optimistis Ekonomi RI Tembus 5,5% di 2021 )
(iqb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1760 seconds (10.101#12.26)