Layar Sentuh Ponsel Bermasalah Karena Air, Lakukan 6 Langkah Ini

Kamis, 24 Desember 2020 - 15:07 WIB
loading...
Layar Sentuh Ponsel Bermasalah Karena Air, Lakukan 6 Langkah Ini
Layar smartphone yang tidak memiliki fitur anti air bisa bermasalah jika terkena atau terendam cairan.
A A A
JAKARTA - Salah satu masalah yang terjadi pada pemilik smartphone adalah touchscreen yang tidak berfungsi. Salah satu masalahnya adalah ponsel terendam air l antaran tidak dibekali fitur anti air. Lantas, bagaimana cara agar touchscreen smartphone bisa berfungsi kembali?

1. Restart smartphone
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah me-restart ulang ponsel. Cara ini diklaim paling mudah untuk mengembalikan touchscreen yang tidak berfungsi. Selain itu, restart juga bisa memperbaiki kerusakan ringan yang tidak diketahui pemilik ponsel.

2. Melepas tempered glas
Salah satu masalah touchscreen tidak berfungsi adalah tempered glass yang terlalu tebal. Daripada menyimpulkan ponsel rusak, tidak ada salahnya untuk mencopot tempered glass lebih dulu.



5. Keluarkan baterai ponsel
Ada baiknya untuk melepaskan baterai smartphone jika tidak sengaja terkena air. Hal ini hanya bisa dilakukan apabila smartphone masih mengusung baterai plug-in.

6. Keringkan smartphone
Seperti diketahui, smartphone yang basah dapat mempengaruhi touchscreen dan komponen lainnya. Cara mengeringkannya cukup mudah yakni direndam ke dalam beras semalaman. Beras punya kemampuan untuk menyerap partikel-partikel di dalam air sehingga proses pengeringan ponsel yang terkena air menjadi lebih cepat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3652 seconds (0.1#10.140)