Tampilan Outlook Rumah.com Dibuat Grafik Interaktif

Senin, 21 Desember 2020 - 16:37 WIB
loading...
A A A
Konektivitas ini berdampak langsung pada perkembangan properti pada daerah-daerah satelit. RIPMI-H menunjukkan kenaikan pada area-area yang dilintasi oleh jalur tol. Di Depok, misalnya. Saat indeks harga Depok kuartal ketiga 2020 secara keseluruhan mengalami penurunan sebesar 2,61% secara tahunan, kecamatan-kecamatan yang dilewati dekat dengan jalur tol baru justru mengalami kenaikan seperti Cimanggis (9%), Limo (4%) dan Cinere (3%).

Sementara itu, kelurahan Cinangka di Kecamatan Sawangan, Depok, mengalami peningkatan hingga 35%. Sejumlah kecamatan di Tangerang Selatan yang berada di sekitar tol Cinere-Serpong juga mengalami kenaikan seperti Pondok Cabe (6%), Serpong (12%), dan Pamulang (19%).

“Langkah pemerintah yang terus menitikberatkan pembangunan infrastruktur konektivitas membuat konsumen semakin yakin bahwa properti-properti di sekitar akses transportasi umum ini memiliki prospek yang bagus di kemudian hari,” jelasnya.

Marine menambahkan bahwa konektivitas dan harga masih menjadi daya tarik utama pasar properti di tahun 2021 nanti. Jarak dengan pusat kota tidak lagi menjadi pertimbangan utama selama perjalanannya mudah ditempuh dan bebas macet. Itu sebabnya, kawasan-kawasan di sekitar kawasan hunian terpadu (planned community), jalan tol baru, dan jalur transportasi massal masih menjadi incaran konsumen properti. Berdasarkan hal tersebut, Rumah.com menganalisis sejumlah wilayah yang diperkirakan akan menjadi incaran konsumen di 2021. (Baca juga: Realme Buktikan Cintanya ke Fans lewat #realmeVirtualFanFest2020 )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)