Mengungkap Konsep Perangkat Oppo di Masa Depan

Senin, 21 Desember 2020 - 01:30 WIB
loading...
Mengungkap Konsep Perangkat Oppo di Masa Depan
Tampak desain dari ponsel layar lipat dari Oppo. Tahun depan pabrikan sudah menyiapkan beragam model smartphone hingga TWS untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Oppo belum lama ini menghadirkan sejumlah desain konseptual baru yang didasari filosofi desain human-centric dalam ajang China International Industrial Design Expo (CIIDE) Ke-4 di Shenzhen, China . Desain konseptual ini dirancang khusus untuk Oppo oleh nendo, sebuah studio desain terkemuka asal Jepang yang didirikan oleh Oki Sato. (Baca juga: Oppo Indonesia Luncurkan Reno5 dengan Warna Belakang Berubah-ubah )

Oppo berkolaborasi dengan nendo dalam rangka mengeksplorasi berbagai rancangan perangkat di masa depan. Selama pameran, pabrikan juga menunjukkan serangkaian desain produk klasiknya yang mencerminkan wawasan dan upaya Oppo dalam mengeksplorasi bentuk, materi, dan interaksi yang telah dilakukan perusahaan sejak pertama kali didirikan.

The China International Industrial Design Expo merupakan sebuah acara tingkat nasional yang berfokus pada desain industri di China. Dengan tema tahun ini "Desain Baru, Tren Baru, Momentum Baru", Oppo menghadirkan gaya yang retrospektif dengan menampilkan desain produk klasik terbaiknya yang telah diciptakan oleh perusahaan semasa hidupnya.
Mengungkap Konsep Perangkat Oppo di Masa Depan

Pada 2008, Oppo meluncurkan smartphone pertamanya bernama "Smiley Face" A103 yang menandai awal dari terciptanya keseimbangan antara estetika dan inovasi sempurna. Inovasi ini telah terbukti banyak selama 12 tahun terakhir. Pada 2012, merek meluncurkan salah satu ponsel tertipis di dunia bernama Finder yang dirancang sedemikian rupa agar lebih mudah dan nyaman saat digenggam.

Berlanjut di tahun 2014, pabrikan memperkenalkan seri Find 5 yang memiliki desain lengkung 2.5D. Dua tahun berlanjut, Oppo merilis seri R9 yang terinspirasi dari pegunungan salju yang dilengkapi tampilan lebih cantik dan body smartphone yang mudah digenggam. Tahun lalu, merek meluncurkan ponsel 5G tertipis di dunia yang bernama Reno3.

Terobosan Oppo dalam hal desain juga meluas hingga teknologi kameranya yang mutakhir. Pada 2014, mereka melepas N3, sebuah smartphone yang dilengkapi kamera putar bermotor pertama di dunia. Tahun 2018, perusahaan meluncurkan Find X, sebuah smartphone yang memiliki tampilan layar penuh dan menggunakan desain unik di mana pengguna dapat menggeser kamera keluar dari badan smartphone saat mengaktifkannya.

Inovasi ini mengintegrasikan 11 komponen, termasuk kamera dan sensor depan dan belakang, dan menghasilkan rasio screen-to-body hingga 93,8%. Tahun 2019, Oppo semakin membuat terobosan baru dengan meluncurkan Reno 10x Zoom dan struktur pivot uniknya yang meninggi. Terobosan itu kini telah menjadi inspirasi bagi desain baru dalam industri smartphone.
Mengungkap Konsep Perangkat Oppo di Masa Depan

Pada November 2020, Oppo sekali lagi memperlihatkan eksplorasi terbarunya dalam pengembangan smartphone dengan menampilkan Oppo X 2021, sebuah konsep smarpthone terbaru yang dapat digulung, dalam ajang Oppp Inno Day 2020. Layar perangkat konseptual ini dapat digulung dan ukurannya dapat disesuaikan dalam rentang yang ditentukan sehingga menawarkan perspektif baru tentang masa depan perangkat dan bagaimana manusia dapat berinteraksi dengannya.

Dalam ajang China International Industrial Design Expo, perusahaan menampilkan desain konseptual "slide-phone" dan "music-link" yang merupakan hasil kolaborasi dengan dengan nendo, sebuah studio desain industri terkemuka asal Jepang. Ide untuk menciptakan“slide-phone” berawal dari Oppo dan nendo yang menemukan bahwa pengguna smartphone semakin mengandalkan ponselnya untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

Guna mendukung lebih banyak fungsionalitas, smartphone pada umumnya didesain dengan ukuran yang besar sehingga sulit dan kurang nyaman saat digenggam. Tren ponsel berukuran besar ini telah menjadi kekhawatiran bagi sejumlah pengguna handphone.

Berbekal wawasan ini, konsep "slide-phone" dirancang dengan layar yang dapat dilipat tiga kali menggunakan engsel sehingga layar dapat dilipat ke arah yang sama. Dengan memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengubah bentuk telepon sesuai kebutuhan, pemiliknya dapat mengubah ukuran handphone agar sesuai dengan acara.
Mengungkap Konsep Perangkat Oppo di Masa Depan

Selain itu, stylus yang dimasukkan ke dalam telepon memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan menggunakan telepon untuk bekerja atau melakukan tugas lain yang lebih kompleks.

Desain konseptual Oppo dan nendo lainnya, "music-link", yakni kumpulan perangkat yang berpusat di earphone TWS, mencakup jam tangan pintar, speaker AI, pengisi daya portabel, dan pengisi daya nirkabel. Semua perangkat dirancang dalam bentuk organik yang ramping, mengadopsi desain afinitas yang mencerminkan nilai estetika pengguna saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)