Samsung Terapkan Pembelajaran Hibrid Smart Learning Class di Lombok

Jum'at, 18 Desember 2020 - 13:40 WIB
loading...
Samsung Terapkan Pembelajaran Hibrid Smart Learning Class di Lombok
Pemanfaatan teknologi melalui program SSLC telah sangat membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif.
A A A
LOMBOK - Memasuki tahun 2021, Samsung bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) membangun program Samsung Smart Learning Class (SSLC) untuk mendukung pembelajaran hibrid. 5 Alasan untuk Membeli Tablet di 2020

Artinya, rencana pembukaan sekolah pada 2021 tak serta merta menghilangkan metode pembelajaran hibrid, yakni kombinasi antara belajar tatap muka dan pembelajaran daring atau jarak jauh (PJJ).

Untuk lebih mengoptimalkan metode pembelajaran tersebut, Samsung bekerjasama dengan PMI menghadirkan program Samsung Smart Learning Class (SSLC) di Lombok, dengan melibatkan 2 sekolah sekaligus, yaitu SMP Negeri 1 Mataram dan MAN 1 Lombok Tengah.

“Teknologi berperan besar dalam membantu interaksi guru dan siswa menjadi lebih dinamis dan menarik. Inilah yang mendorong Samsung menghadirkan SSLC di beberapa sekolah di Indonesia sejak 2017,” ujar Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Menurut Ennita, SSLC juga bertujuan agar guru dan siswa dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi pada teknologi dan perangkat digital.

Ketika PJJ diterapkan selama pandemi, ia melanjutkan, pemanfaatan teknologi melalui program SSLC telah sangat membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif.

Samsung Terapkan Pembelajaran Hibrid Smart Learning Class di Lombok

Kepala MAN 1 Lombok Tengah Lalu Syahdi mengatakan, agar mampu menciptakan pembelajaran hibrid yang lebih efektif kepada para siswa di madrasah yang dipimpinnya, diperlukan kualitas dan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi.

“Selama PJJ, kami hanya menggunakan aplikasi e-learning yang disiapkan dari Kementerian Agama. Program SSLC ke madrasah membuka kami mengenal platform pendidikan lain. Guru-guru juga semakin bersemangat dan tidak sabar untuk menerapkannya dalam proses belajar mengajar bersama para siswa,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 1 Mataram Saptadi Akbar menyebut bahwa Samsung juga memastikan sekolah memiliki fasilitas yang dapat mendukung berjalannya program SSLC. ”Mulai renovasi ruangan, jaringan internet, bahkan 32 unit Samsung Galaxy Tab A with S Pen yang nyaman digunakan dengan layar besar berukuran 8 inci dan perangkat S Pen-nya,” ujar Akbar.

Program SSLC di Lombok merupakan program SSLC pertama di wilayah Nusa Tenggara Barat yang terwujud berkat kerjasama dengan PMI. Program ini akan dilaksanakan secara resmi pada Januari 2021.

Samsung Terapkan Pembelajaran Hibrid Smart Learning Class di Lombok

Sebagai proses persiapan, fasilitas berupa renovasi ruangan, WLAN, koneksi internet, AC, Smart TV 55 inci dan Samsung Galaxy A with S Pen diberikan kepada pihak sekolah untuk mengoptimalkan pelaksanaan program.

Pelatihan juga diberikan kepada para guru yang terlibat, seperti pengenalan fitur produk Samsung Galaxy Tab A with S Pen, cara menggunakan Knox Manage, learning management system (LMS), dan juga aplikasi e-book interaktif dari Pesona Edu. BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Fitur-Fitur Baru Qualcomm Snapdragon 888 5G
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5787 seconds (0.1#10.140)