Waspada, Ini 5 Penyebab Smartphone Mengalami Bootloop

Kamis, 17 Desember 2020 - 11:12 WIB
loading...
Waspada, Ini 5 Penyebab Smartphone Mengalami Bootloop
Ada banyak hal yang membuat smartphone terkena bootloop, penyakit di ponsel yang sangat merugikan.
A A A
JAKARTA - Bootloop yang terjadi pada smartphone terbagi dalam tiga jenis, yakni ringan, sedang dan berat. Lantas, apa yang menyebabkan smartphone terkena bootloop ? Baca Juga: 5 Smartphone Paling Aman di Dunia, Hacker pun Angkat Tangan

1. Salah melakukan flashing
Ini yang terjadi jika flashing dilakukan bukan orang yang berpengalaman. Meski metode flashing tidak terlalu sulit, jika salah dalam melakukannya maka bisa berakibat fatal.

Memang, untuk metode ini anda hanya perlu menginstall ROM ke ponsel. Tujuannya agar performa ponsel meningkat dan mengoptimalkan kinerja dari sistem operasi yang digunakan.

2. Modifikasi sistem
Modifikasi sistem juga bisa menjadi penyebab ponsel pintar sering mati hidup. Melakukan modifikasi sistem berarti harus me-root smartphone. Jika root yang dilakukan gagal, maka sistem ponsel bisa terganggu kinerjanya.

3. Salah dalam pengaturan permission
Di dalam smartphone Android terdapat banyak informasi yang bersifat pribadi seperti kontak, lokasi, maupun foto. Maka itu, sistem operasi android sangat berpengaruh terhadap fitur permission ini.

Jika salah dalam melakukan permission pada aplikasi, maka bisa berakibat ponsel pintar mati dan nyala dengan sendirinya. Ketika hendak melakukan pengaturan terhadap permission, pastikan pemilik smartphone paham tentang apa yang harus dilakukan.

BACA JUGA: 5 Alasan untuk Membeli Tablet di 2020

4. Overclock
Overclock merupakan metode yang digunakan untuk mempercepat kinerja PC atau laptop. Dengan perkembangan smartphone yang semakin canggih, fitur ini sudah bisa diakses melalui ponsel pintar.

Namun, jika ternyata salah dan gagal dalam melakukan overclock, bisa menyebabkan smartphone mati dan menyala dengan sendirinya.

5. Sering melepas baterai
Penyebab ponsel mati hidup dengan sendirinya juga bisa dikarenakan kebiasaan melepas baterai. Jika sembarangan melepas dan memasang baterai atau bahkan menggantinya dengan baterai yang tidak ori, maka bisa menyebabkan ponsel pintar melakukan restart dengan sendirinya. BACA JUGA: Laptop vs Tablet untuk Belajar Online dan Bekerja di Rumah, Mana yang Lebih Unggul?
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)