Cara Mengatasi HP Bootloop dan Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 11:00 WIB
loading...
Cara Mengatasi HP Bootloop...
Cara mengatasi HP Bootloop dan tidak masuk ke recovery mode penting dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi hp bootloop dan tidak bisa masuk recovery mode ini terbilang cukup sulit dilakukan. Jika menemukan masalah ini sebaiknya pengguna langsung mengunjungi service center terdekat.

Sebab berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Bootloop pada hp adalah dengan mengunjungi fitur recovery mode. Sebab fitur tersebut adalah penyedia solusi untuk berbagai masalah yang dialami.

Recovery Mode dapat diakses di hp Android dengan menekan kombinasi tombol tertentu, yang bisa berbeda-beda di tiap model smartphone Android. Kombinasi tombol itu akan membawa HP Android pada tindakan menyalakan ulang atau reboot.

Antarmuka pada Recovery Mode biasanya akan menyertakan beberapa informasi tentang perangkat dan versi Android yang dipakai, beserta dengan sejumlah opsi pemecahan masalah dan perbaikan.

Ketika hp mengalami bootloop, biasanya seseorang akan mengatasinya dengan masuk ke factory mode dan memilih beberapa opsi seperti, Reboot, wipe cache, dan factory reset. Tiga cara itu diklaim sebagai yang paling efektif.

Cara Mengatasi HP Bootloop Tanpa Recovery Mode

Lantas, bagaimana cara mengatasi hp bootloop dan tidak bisa masuk recovery mode? Alternatif lain untuk mengatasi smartphone yang mengalami bootloop yakni dengan cara melepas baterai.

Namun cara ini hanya dapat dilakukan untuk smartphone yang tidak menggunakan sistem hp tanam. Mengingat saat ini mayoritas smartphone memiliki baterai tanam.

Selain melepas baterai, bisa juga diatasi dengan cara mencabut kartu SIM dan juga MicroSD. Setelah itu, diamkan selama 30 menit atau hingga seharian penuh (24 jam) agar proses restart berjalan maksimal.

Meski begitu, beberapa cara di atas memang belum terbukti dapat mengatasi masalah bootloop dengan efektif ketimbang menggunakan fitur recovery mode.



Cara terbaik adalah dengan membawa perangkat ke tempat layanan resmi yang terpercaya untuk mendapatkan konsultasi dan perbaikan lebih lanjut terkait smartphone yang mengalami bootloop.

Sebab, tidak bisanya fitur recovery mode diaktifkan bisa disebabkan oleh adanya tombol dalam smartphone yang rusak sehingga perluuntukdiganti.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)