Cara Mengatasi Bootloop Poco X3 Pro, Stuck Sampai Logo!

Senin, 03 Juli 2023 - 12:28 WIB
loading...
Cara Mengatasi Bootloop Poco X3 Pro, Stuck Sampai Logo!
Handphone yang tiba-tiba bootloop selalu bisa bikin penggunanya kesal. Apalagi jika bootloop yang terjadi cuma sampai logo yang bisa saja terjadi pada Poco X3 Pro. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Handphone yang tiba-tiba bootloop selalu bisa bikin penggunanya kesal. Apalagi jika bootloop yang terjadi cuma sampai logo yang bisa saja terjadi pada Poco X3 Pro . Lalu bagaimana solusinya?

Nah, sebelum Anda kesal, sebaiknya perlu dipahami dulu soal bootloop. Pasalnya bootloop bisa terjadi pada segala jenis ponsel pintar terutama Android.

Tidak terkecuali handphone Poco X3 Pro yang saat ini sangat marak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Jika Anda belum mengerti pengertian bootloop itu wajar. Bootloop sebenarnya penggabungan dua istilah yakni Boot dan Loop. Boot adalah kondisi dimana ponsel melakukan restart atau menyala kembali. Di sisi lain loop adalah lingkaran.

Artinya bootloop adalah kondisi dimana ponsel terus-terusan menyala ulang tanpa masuk ke tampilan layar utama. Alias cuma sampai logo saja. Dalam hal ponsel Vivo, bootloop cuma bisa menampilkan logo Vivo saja.

Tentu hal tersebut bakal bikin pemiliknya kesal. Namun jangan khawatir setiap masalah ada solusinya. Berikut ini tiga cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi bootloop HP Vivo yang cuma sampai logo, yuk cermati:

1. Force Restart Poco X3 Pro

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah force restart Poco X3 Pro. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan selama beberapa detik sampai smartphone mati dan logo boot muncul kembali. Jika cara ini berhasil, maka Poco X3 Pro akan kembali normal dan tidak mengalami bootloop lagi.

2. Wipe Cache Poco X3 Pro

Jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara kedua yaitu dengan melakukan wipe cache pada Poco X3 Pro. Caranya adalah dengan masuk ke recovery mode dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan saat smartphone sedang dalam keadaan mati.

Setelah masuk ke recovery mode, pilih opsi “wipe cache”. Setelah proses selesai, restart Poco X3 Pro dan periksa apakah sudah tidak mengalami bootloop lagi.

3. Hard Reset Poco X3 Pro

Jika kedua cara di atas masih tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba cara ketiga yaitu dengan melakukan hard reset Poco X3 Pro. Caranya adalah dengan masuk ke recovery mode seperti pada cara kedua, lalu pilih opsi “wipe data/factory reset”.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada Poco X3 Pro, sehingga pastikan kamu sudah melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan hard reset.


4. Flash Ulang ROM Poco X3 Pro

Jika ketiga cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba cara terakhir yaitu dengan flash ulang ROM Poco X3 Pro. Caranya adalah dengan mengunduh ROM Poco X3 Pro dari situs resmi Xiaomi, lalu melakukan proses flashing menggunakan aplikasi Mi Flash Tool. Namun, cara ini memiliki risiko yang cukup tinggi dan hanya disarankan dilakukan oleh pengguna yang sudah berpengalaman dalam melakukanflashing.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)