Ponsel Tidak Bisa Booting? Kenali Gejala Bootloop pada Smartphone

Kamis, 17 Desember 2020 - 11:12 WIB
loading...
Ponsel Tidak Bisa Booting? Kenali Gejala Bootloop pada Smartphone
Ketika di restrart ponsel tidak bisa masuk ke menu utama, menjadi gejala Bootloop.
A A A
JAKARTA - Smartphone tiba-tiba mengalami mati dan hidup sendiri (restart), bisa jadi smartphone terkena bootloop. Bootloop merupakan kondisi dimana ponsel gagal melakukan booting.
BACA JUGA:
Wow, Hasil Video Kamera 108 MP Xiaomi Mi 10T Pro dengan OIS Stabil Banget!

Kondisi seperti ini jika dibiarkan bakal menyebabkan sistem pada ponsel semakin rusak. Maka itu, penting untuk mengetahui seperti apa penyebab ponsel sering mati hidup sendiri.

(Baca Juga : iPhone 12 Pro Jadi Model Paling Diminati )

Bootloop sendiri terbagi atas beberapa kategori yakni ringan, sedang dan berat. Nah, apa saja pembagian dari kerusakan ponsel tersebut?

1. Bootloop ringan
Kondisi yang terjadi saat terkena bootloop ringan ditandai dengan ponsel yang sudah menyala dan masuk menu utama, tiba-tiba hang dan secara otomatis melakukan restart. Kerusakan seperti ini masih bersifat ringan. Biasanya, ponsel yang mengalami bootloop ringan akan langsung dilakukan flash. Cara ini cukup mudah, tapi disarankan untuk tidak melakukannya sendirian.

2. Bootloop biasa
Pada kondisi ini, biasanya ponsel bisa bootloop dengan lancar, bahkan sampai masuk ke menu utama. Namun, ponsel akan mengalami hang dan gangguan yang lain sehingga tidak bisa dioperasikan (hang). Untuk penanganannya juga masih cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan penanganan ponsel yang mengalami bootloop ringan. Tapi, tetap harus diperbaiki oleh orang yang ahli.

3. Bootloop parah
Kondisi ini ditandai pada saat menghidupkan ponsel. Biasanya, ponsel hanya menampilkan logo animasi dan tidak bisa masuk ke menu utama. Parahnya, bisa langsung mati sendiri. Meski kerusakannya terbilang parah, ponsel tersebut masih bisa diperbaiki tentu oleh ahlinya. Jika dipaksakan untuk memperbaikinya sendiri, berisiko kerusakan semakin parah. BACA JUGA: 5 Alasan untuk Membeli Tablet di 2020
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)