Apa Saja yang Trending di Google Sepanjang 2020?

Rabu, 09 Desember 2020 - 18:01 WIB
loading...
Apa Saja yang Trending di Google Sepanjang 2020?
Ilustrasi Google. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir tahun, Google merilis Year in Search 2020. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Google menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren di 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. ( )

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. (Baca Juga: Bongkar Fakta Unik Akal-akalan Perusahan Baru Ekspor Benih Lobster )

Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia Fida Heyder, mengatakan, Year in Search 2020 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

"Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan,"ujar Fida saat konferensi pers.

Menurut Fida, tantangan baru yang muncul di tahun ini menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tapi berusaha memahami kabar terbaru. Mulai dari isu-isu nasional seperti “Omnibus Law”, “Resesi”, “Kartu Pra-Kerja”, hingga “Odading” dan “WFH”.

Penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia bergerak dan bertindak.

Hal itu bisa dilihat dari kata kunci seperti "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga "cara menjadi YouTuber pemula” merupakan beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Selain itu kondisi normal baru juga menggerakkan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup. Misalnya seperti "Google Classroom", "apa itu kuota belajar", "cara masuk ke Google Classroom", hingga "sepeda lipat" termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas di tahun ini.

Terlihat juga pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang. Namun, uniknya, tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dari hiburan Korea di banyak kategori mulai dari lagu, aktor/ aktris, serial TV, hingga resep.

"Kebiasaan baru tak hanya menyebabkan perubahan reaksi, konsumsi informasi dan hiburan tetapi juga mempengaruhi gaya hidup, bahkan mencetak rekor baru," tutur Fida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)