Paten Sony Pamer Konsol GPU Ganda dan Game Cloud, Mungkinkah PS5 Pro?

Minggu, 06 Desember 2020 - 21:49 WIB
loading...
Paten Sony Pamer Konsol GPU Ganda dan Game Cloud, Mungkinkah PS5 Pro?
Sony dilaporkan akan merilis PlayStation 5 (PS5) Pro yang lebih powerful dibanding seri reguler. Foto/Ist
A A A
TOKYO - Gamer kemungkinan akan kedatangan konsol game baru , selain PlayStation 5 dan Xbox Series X . Bahkan lebih canggih dari keduanya. (Baca juga: PS5 Lebih Laris Dibandingkan Xbox Series X/S )

Laman Giz China melaporkan, paten yang diajukan pada Januari tahun lalu oleh Sony mengungkap proyek ambisius dari konsol yang tidak hanya menggunakan satu, tapi dua GPU. Mirip dengan beberapa konfigurasi PC dengan dukungan SLI Nvidia dan GPU CrossFire AMD. Paten menunjukkan implementasi dua GPU di konsol yang jauh lebih rumit daripada di PC.

Paten merinci bagaimana dua GPU akan bekerja untuk membuat satu frame secara bersamaan atau hanya membagi frame menjadi dua, dan memasukkannya ke dua unit GPU. Hanya satu GPU yang akan mengontrol keluaran HDMI, yang mengharuskan GPU mengelola keluaran video guna membaca bingkai dari yang lain.

Ada juga penyebutan varian konsol kelas atas dengan penyimpanan yang lebih besar dan lebih cepat dengan dua GPU, sementara yang lainnya hanya menggunakan satu. Ini bisa menjadi "sesuatu" di sepanjang garis konfigurasi PS4 dan PS4 Pro (kecuali bagian GPU, tentu saja), jadi mungkin aman bagi kita untuk mengasumsikan bahwa Sony sudah mengerjakan PS5 Pro dengan dua GPU.

Ini berpotensi memungkinkan pengalaman VR (virtual reality) berkualitas lebih tinggi dan game 4K pada 120fps. Terakhir, kedua GPU akan mendapatkan pengontrol memori dan memori sendiri untuk menghindari kepadatan memori.

Selain itu, paten berbicara tentang cloud gaming, yang membutuhkan perangkat tambahan yang dikemas dengan sensor seperti NFC, GPS, IR blaster, biosensor, sensor cuaca, dan lainnya. Perangkat ditautkan ke konsol untuk mengaktifkan komputasi awan dan, pada akhirnya, permainan cloud juga. Namun kita tidak tahu untuk apa semua sensor itu. (Baca juga: Ogah Pindah ke Brasil, Balotelli Pilih Klub Rasa Milan )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2429 seconds (0.1#10.140)