Tips Membuat Tanda Tangan Elektronik di Word dalam 5 Menit

Sabtu, 05 Desember 2020 - 22:02 WIB
loading...
Tips Membuat Tanda Tangan Elektronik di Word dalam 5 Menit
Jika digunakan dengan benar, tanda tangan digital juga mengikat secara hukum seperti halnya tanda tangan asli.
A A A
JAKARTA - Membuat tanda tangan elektronik menjadi sangat penting ketika korespondensi sekarang dilakukan secara digital. Dan membuat tanda tangan elektronik sebenarnya sangat mudah. Hanya butuh beberapa menit saja.

Untuk siapa tanda tangan elektronik? Banyak. Mulai tim penjualan, sales dan marketing, influencer, hingga UMKM dan pemilik bisnis.

Jika digunakan dengan benar, tanda tangan digital juga mengikat secara hukum seperti halnya tanda tangan asli. Filenya juga dapat dienkripsi, jadi aman untuk menggunakannya bahkan dalam dokumen penting dan sensitif.

Tanda tangan elektronik di Microsoft Word
Sebagai perangkat lunak pengolah kata universal, menambah tanda tangan elektronik di Microsoft Word sangat penting. Terutama bagi bisnis atau individu untuk membuat dokumen. Dengan menambahkan eSignatures ke dokumen di Word, dapat meningkatkan kecepatan proses dokumen mereka.

Untuk membuat tanda tangan elektronik ada beberapa cara. Silahkan dipilih mana yang termudah. Setelah dibuat, tanda tangan bisa disimpan dalam bentuk file Word.

Gunakan Stylus
Tips Membuat Tanda Tangan Elektronik di Word dalam 5 Menit

Langkah paling gampang membuat tanda tangan elektronik adalah menggunakan menggambar langsung tanda tangan menggunakan tangan, atau stylus. Bisa dilakukan di ponsel. Buka dokumen kosong, lalu “gambar” tanda tangan Anda.

Foto Tanda Tangan di Kertas
Pengguna juga bisa mengunggah gambar tanda tangan mereka. Silahkan tanda tangan basah di kertas putih. Lalu, gunakan kamera ponsel untuk memotret tanda tangan itu. Gunakan software untu cropping, mempertajam, dan memperjelas.

Gambar dengan Kursor
Bisa juga memakai kursor untuk menggambar tanda tangan. Caranya memakai mouse atau touchpad. Asal gambar tanda tangan tidak terlalu rumit, cara ini terbilang mudah.

Gunakan Aplikasi
Tips Membuat Tanda Tangan Elektronik di Word dalam 5 Menit

Cara lain melakukan tanda tangan elektronik sambil langsung menyimpannya di cloud, adalah dengan menggunakan aplikasi/website yang memang menyediakan jasa itu. Pilihannya banyak sekali. Ada Hellosign, Signature Maker atau PandaDoc. Memang, untuk menggunakan layanan tersebut Anda harus terlebih dulu login.

Masukkan ke Halaman Word
Setelah tanda tangan elektronik sudah berbentuk file JPEG atau PNG, selanjutnya pengguna hanya perlu menyeretnya atau melakukan copy-paste di halaman Word. Mudah kan?
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)