Penyimpanan Unlimited Google Photo Tak Gratis Lagi Mulai Juni 2021

Jum'at, 13 November 2020 - 09:54 WIB
loading...
Penyimpanan Unlimited Google Photo Tak Gratis Lagi Mulai Juni 2021
Ilustrasi Google. FOTO/ Ist
A A A
Salah satu fitur utama Google Photo saat ini adalah mencadangkan foto dan video secara unlimited dengan kualitas tinggi dan gratis. Baca juga: Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei )

Namun mulai tahun depan tepatnya 1 Juni 2021, Google mengumumkan bahwa fitur itu akan dihentikan. (Baca juga: Harga Kuda Balap Galileo Kalahkan Mahar Transfer Messi & Ronaldo )

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (13/11/2020), mulai 1 Juni nanti, file apa pun yang diunggah ke Google Photo akan dihitung sebagai penyimpanan default 15 GB yang setiap akun Google dapatkan.

Jika sebelumnya hanya foto berkualitas "original" (tidak dikompres) yang dihitung dalam ruang penyimpanan, sementara foto yang diunggah dalam kualitas "tinggi" yang dikompres dianggap gratis. Mulai 1 Juni, semua gambar akan diperlakukan sama.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di sini. Pertama, semua gambar yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan ini hanya berlaku untuk gambar yang diunggah setelah tanggal tersebut.

Lalu, jika pengguna belum menggunakan penyimpanan gratis 15GB-nya sampai habis, Anda masih bisa mengunggah foto dan video hingga kapasitas tersebut penuh.

Nantinya saat jatah penyimpanan gratis penuh, pengguna akan memiliki pilihan untuk berlangganan salah satu layanan di Google One, jika masih mau memakai layanan cloud Google.

Namun, jika pengguna tidak aktif di layanan selama lebih dari dua tahun, Google akan menghapus data Anda di layanan tersebut.

Sementara bagi para memiliki ponsel Pixel, Anda akan terus menerima backup gratis dan tidak terbatas untuk foto dan video Anda selama periode yang ditentukan.

Google akan menawarkan alat pada Juni 2021 yang memungkinkan Anda mengelola foto dan video yang dicadangkan dan memilih apa yang ingin disimpan dan apa yang ingin dihapus.

Alat tersebut akan secara otomatis menyorot konten seperti foto gelap atau buram atau video besar yang mungkin tidak ingin disimpan.

Perubahan ini berlaku untuk semua pengguna Google Foto di semua platform, termasuk Android, iOS, dan desktop.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)