Smartphone Zaman Now Makin Jago Motret Gelap-Gelapan

Jum'at, 06 November 2020 - 10:23 WIB
loading...
Smartphone Zaman Now Makin Jago Motret Gelap-Gelapan
Oppo Reno4 saat digunakan untuk mengabadikan aktivitas di malam hari.
A A A
JAKARTA - Intinya sebenarnya sederhana: melukis dengan media cahaya. Tapi, pada praktiknya, fotografi malam sangat sulit. Karena keterbatasan sensor, bukaan, dan lensa. Tapi, belakangan pabrikan smartphone menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk menerabas keterbatasan tersebut.

Salah satu contohnya adalah perangkat Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F yang masuk kelas perangkat menengah, memiliki harga yang terjangkau, dan menyasar konsumen muda.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, di kedua perangkat tersebut, fokus fotografi dititikberatkan pada fitur Portrait.

Smartphone Zaman Now Makin Jago Motret Gelap-Gelapan

Yakni, fitur yang banyak dipakai kalangan anak muda untuk memotret objek orang dengan latar belakang terlihat blur atau bokeh.

Kedua kamera tersebut juga membawa fitur menarik lain berupa Night Flare Portrait. ”Fitur eksklusif Oppo itu menggabungkan efek bokeh dan algoritma low light-HDR untuk menangkap foto artistik yang menambahkan efek neon artistik nan indah pada foto potret yang diambil dengan latar belakang kelap-kelip lampu kota,” beber Aryo.

Selain itu terdapat fitur tak kalah menarik yakni AI Super Night Potrait sebagai pengembangan fitur yang telah ada sebelumnya.

Smartphone Zaman Now Makin Jago Motret Gelap-Gelapan

Fotografi tak melulu harus mengandalkan cahaya alami matahari, namun bisa dilakukan dengan cahaya buatan, seperti lampu pada malam hari.

Dengan kecerdasan buatan, fitur ini memastikan bahwa swafoto akan menghasilkan bidikan yang cerah dan jernih, bahkan dalam kondisi kurang cahaya.



Fitur ini menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR (high-dynamic-range). Cara kerjanya dengan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan, pengenalan wajah, dan penekanan highlight.

Smartphone Zaman Now Makin Jago Motret Gelap-Gelapan

Berbeda dengan perangkat yang memiliki kemampuan fotografi sebelumnya, Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F dijual dengan harga yang relatif terjangkau untuk konsumen muda atau millennial.

Banderol Oppo Reno4 hanya Rp4.999 juta, sementara Oppo Reno4 F dipasarkan lebih murah lagi dengan harga resmi Rp4.299 juta.

”Kehadiran Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F memberi kesempatan bagi orang awam untuk menghasilkan foto malam hari terbaik hanya berbekal smartphone,” beber Aryo.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7385 seconds (0.1#10.140)