Kenapa Sih Produk Smart Speaker Kurang Laku di Indonesia?

Selasa, 27 Oktober 2020 - 14:14 WIB
loading...
Kenapa Sih Produk Smart Speaker Kurang Laku di Indonesia?
Apple HomePod menjadi salah satu smart speaker terlaris di dunia sejak dirilis pada 2018, bersaing dengan Amazon Echo dan Google Nest.
A A A
JAKARTA - Selain mengenalkan lini produk iPhone 12, Apple juga mengenalkan produk unik Apple HomePod mini. Lebih kecil, lebih murah, tapi tetap cerdas. Smart speaker seperti HomePod begitu populer di Amerika, kenapa tidak di Indonesia? BACA JUGA : Kocak, Ngebet Headset Gaming, Pembeli Tawarkan Barter dengan Mesin Gerinda

Bedakan smart speaker dengan speaker bluetooth portable biasa. Dari luar mungkin sulit karena desainnya bisa berbeda-beda. Yang membedakan ada di jeroannya.

Terhubung dengan wi-fi di rumah, smart speaker bisa di akses lewat aplikasi di ponsel, juga bisa berinteraksi dengan penggunanya karena sudah dibenamkan chip untuk menjalankan asisten suara seperti Siri (Apple), Alexa (Amazon), Cortana (Microsoft), dan Google Assistant (Google).

Menurut Apple, smart speaker ini dirancang untuk menjadi “otak” di smart home.

Smart home sendiri adalah rumah yang menggunakan berbagai perangkat IoT (Internet of Things). Mulai dari lampu, TV, kulkas, hingga kamera CCTV dan pengatur suhu, semuanya terhubung ke internet.

Nah, peran smart speaker adalah menjadi penghubung antara konsumen dengan berbagai peralatan pintar (smart device) yang ada di rumah. Melalui apa? Tentu saja, lewat perintah suara.

BACA JUGA : Begini Canggihnya Teknologi GaN, PD, dan Woven Nylon di Produk Kabel dan Charger IT

Contoh, begitu sampai di rumah, pengguna bisa memerintahkan “Siri, nyalakan lampu depan!”, “Alexa, putar lagu kesukaan saya!”, atau “Google, putar Netflix!”.

Kenapa Sih Produk Smart Speaker Kurang Laku di Indonesia?

Tampilan Google Nest yang imut dan warna-warni.

Semuanya serba terintegrasi, dan bisa diatur lewat perintah suara. Seperti Kapten Jean-Luc Picard memberi perintah pada pesawat USS Enterprise atau Tony Stark berkomunikasi dengan Jarvis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3749 seconds (11.210#12.26)