7 Suku Cadang Mobil yang Harus Sering Diganti Agar Berkendara Nyaman dan Aman

Selasa, 27 Oktober 2020 - 03:44 WIB
loading...
A A A
3. Filter Udara
Memang betul, bagian filter udara dibersihkan ketika service rutin dan bisa dilakukan perawatan mandiri secara berkala. Tetapi penting diingat bahwa filter udara mempunyai batas usia dan perlu diganti.

Membersihkan filter udara secara rutin bisa membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Karena fungsinya adalah menyaring debu dan kotoran dari udara luar. Ketika kotor ini akan menghambat pasokan udara ke ruang bakar.

Secara umum, penggantian filter udara sebaiknya dilakukan setiap 40.000 kilometer. Lalu dibersihkan setiap 10.000 kilometer.

4. Kanvas Rem
Kalau onderdil satu ini pasti sudah banyak yang mengetahui memang harus sering diganti. Idealnya, kanvas rem diganti pada jarak tempuh 50.000-105.000 kilometer.

Sekitar pemakaian 3 tahun dan tidak boleh lebih dari 5 tahun. Sebagai salah satu suku cadang mobil yang sering diganti, Anda perlu memerhatikan sudah berapa lama pemakaian kanvas rem. Mobil yang memiliki bodi kecil lebih awet kanvas rem dibandingkan mobil berbodi besar.

5. Ban Mobil
Sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk mengganti ban mobil karena pemakaian setiap orang berbeda-beda. Segera ganti ban Anda apabila dirasa sudah aus dan licin ketika digunakan.

6. Aki Mobil
Aki mobil adalah onderdil yang menjadi sumber listrik agar komponen lain bisa berfungsi dengan baik. Secara umum, aki mobil diganti secara rutin setiap 2-3 tahun sekali.

7. Karet Wiper
Karet wiper berguna sebagai penyapu atau pengering air yang menempel di kaca mobil. Kerja karet wiper sangat dibutuhkan untuk berkendara di musim hujan agar pandangan tetap terlihat dengan jelas. Sparepart ini perlu diganti setiap 2 tahun sekali.

Jadi, coba cek buku service berkala kendaraan Anda. Kira-kira apakah ada yang harus diganti sedari sekarang atau memang belum waktunya diganti. (Baca juga: Kesandung Jiwasraya Divonis Seumur Hidup, Ini Sepak Terjang Pengusaha Benny Tjokro )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)