Inilah Kengoro, Robot yang bisa Push-Up, Sit-Up, dan Bermain Badminton

Minggu, 04 Oktober 2020 - 13:01 WIB
loading...
Inilah Kengoro, Robot yang bisa Push-Up, Sit-Up, dan Bermain Badminton
Robot buatan University of Tokyo JSK Laboratory ini mampu melalukan push-up dan sit-up. Bahkan, robot ini juga bisa bermain badminton. FOTO/ IST
JAKARTA - Robot pada umumnya diciptakan untuk mempermudah aktivitas atau pekerjaan manusia. Tapi tak sedikit juga robot yang ada saat ini dirancang sebisa mungkin mirip manusia.(Baca juga: Bupati Semarang Dipecat, Gerbong PDIP Bulat Dukung Ngebas )

Robot berbentuk manusia yang dapat berbicara hingga berbincang dengan manusia, sepertinya sudah banyak diketahui. Tapi mungkin tidak bagi robot yang mampu berolahraga ini.(Baca juga: Studi 35 Tahun: Kekebalan Manusia Terhadap Virus Corona hanya Sebentar )

Namanya Kengoro. Robot buatan University of Tokyo JSK Laboratory ini mampu melalukan push-up dan sit-up. Bahkan, robot ini juga bisa bermain badminton.

Dilansir dari Reuters, Minggu (4/10/2020), Kengoro dapat membantu manusia lebih mengenal tubuhnya. Sebab, robot ini dibuat hampir menyerupai tubuh manusia.

Kengoro diciptakan dengan memiliki otot dan struktur rangka yang serupa, sehingga membuatnya memiliki kemampuan untuk meniru aktivitas manusia.



Setiap detail di dalamnya dilengkapi dengan sensor yang saling berkesinambungan. Data yang direkam membuatnya lebih mengerti pergerakan manusia, layaknya jaringan yang ada di dalam tubuh manusia.

Kengoro merupakan salah satu dari sekian banyak robot yang diciptakan di Jepang. Penciptanya mengklaim belum ada robot yang bisa menandingi pergerakan Kengoro.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE