Didukung Database Open Source Canggih, PostgreSQL 13 Kinerja Lebih Maksimal

Kamis, 24 September 2020 - 10:46 WIB
loading...
A A A
Replication slot, yang digunakan untuk mencegah write-ahead log (WAL) dihapus sebelum diterima oleh replika, dapat disesuaikan di PostgreSQL 13 untuk menentukan jumlah maksimum file WAL yang harus dipertahankan dan membantu menghindari terjadinya error karena sisa space disk habis.

PostgreSQL 13 juga menambahkan lebih banyak cara agar administrator dapat memantau aktivitas database, termasuk menampilkan statistik penggunaan WAL pada EXPLAIN, status proses dalam membuat backup dengan base backup maupun menjalankan ANALYZE. Selain itu, integritas data hasil dari pg_basebackup dapat dipastikan oleh pg_verifybackup yang baru. Hal ini sangat menarik, seperti pepatah: backup yang tidak dapat diandalkan bukanlah backup, namun sampah.

Kenyamanan dalam Pengembangan Aplikasi

PostgreSQL 13 memudahkan untuk bekerja dengan tipe data PostgreSQL yang berasal dari sumber data yang berbeda. Dirilisnya versi terbaru ini menambahkan fungsi datetime() untuk SQL/JSON. Selain itu, fungsi gen_random_uuid(), kini tersedia tanpa harus menginstal ekstensi apa pun.

Sistem partisi PostgreSQL lebih fleksibel, mendukung logical replication dan trigger BEFORE pada level row.

Peningkatan Keamanan

Fungsi/fitur ekstensi dapat diinstall oleh user biasa, selama sudah ditandai sebagai “trusted” oleh Superuser, beberapa ekstensi secara default sudah ditandai sebagai trusted: pgcrypto, tablefunc, hstore, dan lainnya.

Fitur menarik seperti FDW, yang dapat menghubungkan PostgreSQL dengan database lainnya seperti Oracle, MySQL, dll dapat menggunakan otentikasi berbasiskan sertifikat sehingga lebih aman.

Penggunaan Open Source dalam bisnis menghindarkan kita dari Vendor Lock-In

Di era ketika hampir semua bidang bergantung pada teknologi, platform open source menjadi pilihan yang tak terelakan. Disebutkan Julyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solutions, perusahaan lokal penyedia solusi IT berbasis software open source, platform open source adalah masa depan karena menawarkan efisiensi, kemandirian, kedaulatan dan kebebasan dalam mengadopsi teknologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)