Mampu Deteksi SpO2, Bisakah Smartwatch Kenali Awal Gejala Covid-19?

Kamis, 17 September 2020 - 11:22 WIB
loading...
A A A
Fitur Kesehatan di Smartwatch
Mampu Deteksi SpO2, Bisakah Smartwatch Kenali Awal Gejala Covid-19?

Jika mendapati kadarSpO2 di dalam tubuh dibawah normal, konsumen bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter.

Mulanya, fungsi smartwatch memang lebih condong ke fashion atau gaya. Tapi, belakangan konsumen meminang jam tangan pintar justru karena pertimbangan kesehatan. Apalagi, masih banyak pekerja yang melakukan Work From Home (WFH) seiring PSBB mulai belaku lagi di Jakarta.

Dampaknya, banyak yang lebih sering berolahraga. Smartwatch pun jadi perangkat untuk mendukung kegiatan olah raga mereka, mulai merekam aktivitas hingga mengukur denyut jantung.

BACA JUGA :Tahan Drop Test 2 Meter, Portable SSD WD Digital Masih Digaransi 5 Tahun

Nah, smartwatch seperti Galaxy Watch3 bahkan juga dibekali fitur untuk mengukur dan memantau saturasi oksigen. Artinya, konsumen memilikiPulse Oxymeter yang selalu bisa digunakan setiap waktu.Dengan memantau kadar SpO2 di tubuh secara berkala,paling tidak konsumen sudah bisa mendeteksi secara dini salah satu gejala Covid-19. Yakni, ketika saturasi oksigen di dalam darah berkurang. Maka, sesegera mungkin mereka bisa langsung berkonsultasi ke dokter.

Hal ini juga ditekankan oleh Product Marketing Manager Samsung Indonesia Leo Hendarto Marathon. Ia menyebut bahwa konsumen tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis lebihakurat dan komprehensif. ”Karena memang Galaxy Watch3 ini bukan medical device,” katanya.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5763 seconds (0.1#10.140)