Streaming Jadi Fitur Terpopuler Sepanjang 2024
loading...
A
A
A
NEW YORK - Streaming menjadi sangat populer seperti sebelumnya dan data terbaru tentang kebiasaan, beserta konten dan kreator terpopuler tahun 2024, semuanya menghasilkan beberapa hasil menarik.
Streaming game terus mengalami pertumbuhan popularitas, meskipun melambat pada tahun 2024 dibandingkan dengan laju yang terlihat pada tahun 2023, tetapi streaming non-game mengalami peningkatan pesat.
Menurut Streams Charts, platform analisis streaming langsung, ada tiga tren utama yang diamatinya sepanjang tahun 2024.
Nazar Babenko, manajer produk di Streams Charts, memberi indy100 wawasan tentang apa saja hal tersebut dan mengapa.
"Salah satu tren utama yang kami lihat di AS tahun ini adalah Subathon, di mana streamer Twitch memperpanjang durasi streaming mereka," katanya.
"Streamer terbesar di dunia adalah Kai Cenat dan dia membuat Mafiathon. Ini bukan hanya tentang game lagi dan Cenat menunjukkannya, menyediakan konten unik untuk para penontonnya, mengundang bintang-bintang seperti John Cena, Kevin Hart dan orang-orang seperti itu untuk bergabung bersamanya.
"Tren lainnya adalah VTuber seperti IronMouse, mereka menciptakan sesuatu yang mendapatkan momentum sepanjang tahun ini setelah IronMouse memenangkan The Game Awards sebagai Content Creator of the Year pada tahun 2023.
"Komunitas penyiar juga sangat populer."
Babenko mengatakan ada perbedaan yang kentara dalam permainan yang suka ditonton orang-orang di AS dibandingkan dengan orang-orang di Inggris karena "orang AS suka memainkan permainan yang datang entah dari mana, seperti Palworld , tetapi di Inggris lebih banyak tentang warisan permainan dan lebih banyak seri".
Lebih dari satu miliar jam konten streaming langsung telah ditonton di Inggris saja tahun ini.
Namun, meski popularitas streaming game telah meningkat lagi, pemenang besar yang mengejutkan pada tahun 2024 di kalangan pemirsa Inggris adalah konten non-game seperti streaming IRL dan wawancara langsung.
Bahkan konten ini telah melampaui konten game dalam hal popularitas karena konten non-game menyumbang 52 persen dari keseluruhan pemirsa, pertama kalinya konten ini melampaui game.
"Siaran langsung sedang berkembang pesat di Inggris, jumlah jam tontonan meningkat hampir 60 persen pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun 2023 dan melonjak hingga lebih dari satu miliar jam tontonan, yang cukup mengesankan," kata Babenko.
"Konten non-game menjadi sorotan pada tahun 2024, mencakup 53 persen dari seluruh jam yang ditonton, melampaui konten game.
"Peningkatan konten game tidak dapat dipungkiri, tetapi pertumbuhan game melambat. Twitch dan YouTube terus mendominasi kancah streaming langsung di Inggris.
"Para streamer dapat menyiarkan secara serentak di berbagai platform dan hal tersebut menjadi salah satu poin utama pada tahun 2024 mengapa konten non-game meningkat pesat.
"Podcasting dan wawancara langsung telah mendapatkan popularitas karena pembuat konten ingin menarik pemirsa baru."
Streaming game terus mengalami pertumbuhan popularitas, meskipun melambat pada tahun 2024 dibandingkan dengan laju yang terlihat pada tahun 2023, tetapi streaming non-game mengalami peningkatan pesat.
Menurut Streams Charts, platform analisis streaming langsung, ada tiga tren utama yang diamatinya sepanjang tahun 2024.
Nazar Babenko, manajer produk di Streams Charts, memberi indy100 wawasan tentang apa saja hal tersebut dan mengapa.
"Salah satu tren utama yang kami lihat di AS tahun ini adalah Subathon, di mana streamer Twitch memperpanjang durasi streaming mereka," katanya.
"Streamer terbesar di dunia adalah Kai Cenat dan dia membuat Mafiathon. Ini bukan hanya tentang game lagi dan Cenat menunjukkannya, menyediakan konten unik untuk para penontonnya, mengundang bintang-bintang seperti John Cena, Kevin Hart dan orang-orang seperti itu untuk bergabung bersamanya.
"Tren lainnya adalah VTuber seperti IronMouse, mereka menciptakan sesuatu yang mendapatkan momentum sepanjang tahun ini setelah IronMouse memenangkan The Game Awards sebagai Content Creator of the Year pada tahun 2023.
"Komunitas penyiar juga sangat populer."
Babenko mengatakan ada perbedaan yang kentara dalam permainan yang suka ditonton orang-orang di AS dibandingkan dengan orang-orang di Inggris karena "orang AS suka memainkan permainan yang datang entah dari mana, seperti Palworld , tetapi di Inggris lebih banyak tentang warisan permainan dan lebih banyak seri".
Lebih dari satu miliar jam konten streaming langsung telah ditonton di Inggris saja tahun ini.
Namun, meski popularitas streaming game telah meningkat lagi, pemenang besar yang mengejutkan pada tahun 2024 di kalangan pemirsa Inggris adalah konten non-game seperti streaming IRL dan wawancara langsung.
Bahkan konten ini telah melampaui konten game dalam hal popularitas karena konten non-game menyumbang 52 persen dari keseluruhan pemirsa, pertama kalinya konten ini melampaui game.
"Siaran langsung sedang berkembang pesat di Inggris, jumlah jam tontonan meningkat hampir 60 persen pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun 2023 dan melonjak hingga lebih dari satu miliar jam tontonan, yang cukup mengesankan," kata Babenko.
"Konten non-game menjadi sorotan pada tahun 2024, mencakup 53 persen dari seluruh jam yang ditonton, melampaui konten game.
"Peningkatan konten game tidak dapat dipungkiri, tetapi pertumbuhan game melambat. Twitch dan YouTube terus mendominasi kancah streaming langsung di Inggris.
"Para streamer dapat menyiarkan secara serentak di berbagai platform dan hal tersebut menjadi salah satu poin utama pada tahun 2024 mengapa konten non-game meningkat pesat.
"Podcasting dan wawancara langsung telah mendapatkan popularitas karena pembuat konten ingin menarik pemirsa baru."
(wbs)