China Kenalkan Robot Humanoid yang Bisa Berlari Supercepat

Senin, 21 Oktober 2024 - 07:01 WIB
loading...
China Kenalkan Robot...
Robot Humanoid Start1. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - China hadirkan robot humanoid bernama STAR1 mampu berlari dengan kecepatan luar biasa, lebih dari 8 mil per jam (mph) atau sekitar 3,6 meter per detik (m/s).



Dengan kecepatan ini, STAR1 dinobatkan sebagai robot humanoid tercepat di dunia, meskipun ada satu rahasia kecil di balik pencapaiannya: sepasang sepatu sneakers.

Dalam sebuah video promosi yang memukau, tim Robot Era mengadu dua robot STAR1 di Gurun Gobi, China barat laut.

Seperti dilansir dari The Indian Express, salah satu robot diberi sepasang sepatu sneakers, sedangkan yang lainnya dibiarkan tanpa sepatu.

Hasilnya mengejutkan: robot yang memakai sneakers mampu berlari lebih cepat, melintasi berbagai medan seperti padang rumput, kerikil, serta jalan beraspal dan tanah.

Kecepatan 8 mph yang dicapai STAR1 berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh robot H1 Unitree, yang pada Maret 2024 mencatat kecepatan 7,4 mph (3,3 m/s).

Namun, meskipun H1 lebih lambat, robot ini sebenarnya belum benar-benar berlari karena kakinya tidak sepenuhnya terangkat dari tanah selama bergerak, sehingga menjadikan STAR1 sebagai robot bipedal pertama yang benar-benar berlari.

Kehebatan STAR1 bukan hanya terletak pada sepatunya. Robot ini didukung oleh motor torsi tinggi yang kuat dan kecerdasan buatan (AI) canggih.

Menurut situs resmi Robot Era, perangkat keras AI yang digunakan oleh STAR1 memiliki daya pemrosesan 275 triliun operasi per detik (TOPS), jauh lebih tinggi dibandingkan laptop-laptop terbaik yang hanya berkisar antara 45 hingga 55 TOPS.

Selain itu, robot ini memiliki 12 derajat kebebasan, yang mengacu pada jumlah sendi dan rentang gerakan yang bisa dilakukan, memungkinkan STAR1 bergerak dengan keluwesan yang mengagumkan.

STAR1 hanyalah salah satu dari banyak robot humanoid yang menarik perhatian dunia belakangan ini.

Di antara robot-robot lainnya yang dipamerkan, ada Optimus Gen-2 dari Tesla, robot Figure 01 yang juga didukung AI, dan Atlas dari Boston Dynamics.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0658 seconds (0.1#10.140)