Ponsel Cerdasnya Dituduh Curi Data Pengguna, Ini Pembelaan Xiaomi

Sabtu, 02 Mei 2020 - 13:43 WIB
loading...
Ponsel Cerdasnya Dituduh Curi Data Pengguna, Ini Pembelaan Xiaomi
Xiaomi melakukan pembelaan atas tudingan dugaan pencurian data penggunanya melalui produk smartphone. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Xiaomi tengah didera masalah dugaan pencurian data dari para pengguna smartphone-nya. Tudingan tersebut merujuk laporan Forbes, baru-baru ini.

Tulisan SINDOnews yang ikut melansir keterangan Forbes melalui Giz China pun direspons oleh Xiaomi Indonesia. Mereka mengirimkan tautan blog resmi raksasa teknologi China itu yang bermaterikan sanggahan dari manajemen pusat. (Baca juga: Aduh, Xiaomi Diduga Kumpulkan Data Pengguna Ponsel Cerdasnya )

Berjudul Posting LANGSUNG: Bukti dan pernyataan dalam menanggapi liputan media tentang kebijakan privasi kami, berikut ini klarifikasi Xiaomi atas pemberitaan miring seputar dugaan cara mereka mengambil data tak pantas dari para pengguna handphone-nya:

Xiaomi telah meninjau artikel terbaru oleh Forbes tentang kebijakan privasi kami dan percaya bahwa pelaporannya tidak mewakili fakta. Di Xiaomi, privasi dan keamanan pengguna kami adalah prioritas utama. Kami benar-benar mengikuti dan sepenuhnya mematuhi undang-undang dan peraturan perlindungan privasi pengguna di negara dan wilayah tempat kami beroperasi. Mengingat kesalahan penyajian, kami ingin mengklarifikasi yang berikut ini:

Pertama, di semua pasar global di mana Xiaomi secara resmi hadir, untuk menawarkan pengalaman pengguna sebaik mungkin, meningkatkan kompatibilitas antara sistem operasi dan berbagai aplikasi, serta melakukan kewajiban melindungi privasi pengguna, semua data penggunaan yang dikumpulkan didasarkan pada izin dan persetujuan yang diberikan secara eksplisit oleh pengguna kami.

Selain itu, kami memastikan keseluruhan proses anonim dan terenkripsi. Pengumpulan data statistik penggunaan agregat digunakan untuk analisis internal, dan kami tidak menautkan informasi pengidentifikasi pribadi apa pun dengan data ini. Di samping itu, ini adalah solusi umum yang diadopsi oleh perusahaan internet di seluruh dunia untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dari berbagai produk, sambil menjaga privasi pengguna dan keamanan data.

Kedua, Xiaomi menyimpan informasi tentang infrastruktur cloud publik yang umum dan terkenal di industri. Semua informasi dari layanan dan pengguna luar negeri kami disimpan di server di berbagai pasar luar negeri di mana undang-undang dan peraturan perlindungan privasi pengguna lokal dipatuhi dengan ketat dan yang sepenuhnya kami patuhi.

Ketiga, sebelum dipublikasikan, reporter mengirimi kami email dengan pertanyaan yang relevan dengan artikel dan Xiaomi merespons dengan transparansi penuh, memberikan jawaban terperinci mengenai teknologi dan kebijakan privasi kami.

Kami percaya artikel yang diterbitkan tidak mencerminkan konten dan fakta komunikasi ini secara akurat. Setelah artikel itu di-posting, kami menghubungi reporter dengan klarifikasi lebih lanjut dan saat ini sedang dalam diskusi dengan maksud untuk segera meyakinkan dia dengan bagaimana keamanan data kami bekerja dalam tindakan.

Secara paralel, kami membuat pos langsung di blog resmi Xiaomi untuk membagikan informasi yang sama ini kepada publik. Artikel Forbes, yang merinci cara kami melindungi privasi pengguna dan mematuhi semua hukum dan peraturan, baru-baru ini diperbarui untuk menyertakan tautan ke posting blog kami. https://blog.mi.com/en/2020/05/02/live-post-evidence-and-statement-in-response-to-media-coverage-on-our-privacy-policy/

Keempat, sebagai perusahaan internet, keamanan internet, keamanan, dan privasi pengguna adalah prinsip-prinsip inti Xiaomi dan fondasi pekerjaan kita sehari-hari. Produk, teknologi, kinerja, dan langkah-langkah perlindungan privasi pengguna kami terus ditingkatkan. Dalam peluncuran terbaru sistem operasi kami, MIUI 12, kami telah mengadopsi langkah-langkah perlindungan privasi yang paling ketat dan transparan, hingga saat ini.

Untuk transparansi tambahan, kami selalu menyambut pengawasan, penyelidikan, dan diskusi berbasis fakta dari publik untuk terus meningkatkan produk dan layanan kami bagi pengguna dan Penggemar Mi yang kami cintai.

Demikian keterangan resmi Xiaomi atas tudingan produk handphone-nya melakukan pencurian data dari para penggunanya. Masalah keamanan data memang menjadi isu kritis jika disangkut-pautkan dengan produk teknologi. Mengingat data bisa diperjualbelikan dan menyangkut privasi pribadi seseorang.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)