Nintendo dan The Pokemon Company Gugat Palword, Soal Apa?

Sabtu, 21 September 2024 - 16:05 WIB
loading...
Nintendo dan The Pokemon...
Video game Palworld diduga melanggar paten Nintendo dan The Pokemon Company. Foto/Soranews24
A A A
JAKARTA - Tim hukum Nintendo dan The Pokemon Company menggunakan klaim pelanggaran hak paten buat video game Palworld. Permainan yang dirilis pada Januari tahun ini memang mendapat sebutan sebagai "Pokémon dengan senjata".

Apakah ini adalah deskripsi yang akurat adalah sesuatu yang telah didebat oleh para gamer. Nampaknya sebutan ini pun sekarang menjadi pertanyaan yang harus dipertimbangkan juga oleh pengadilan Jepang, karena Nintendo dan The Pokémon Company sedang menggugat Pocketpair, pengembang Palworld yang berbasis di Tokyo.

Soranews24 melansir, Sabtu (21/9/2024) Nintendo dan The Pokémon Company berpendapat Palworld melanggar hak kekayaan intelektual mereka. Tuntutannya meminta injeksi terhadap Pocketpair serta kompensasi atas kerusakan. Nintendo telah mengunggah pernyataan singkat mengenai gugatan tersebut di situs web resmi Jepang mereka, baik dalam bahasa Jepang maupun bahasa Inggris, yang berbunyi: "Mengajukan Gugatan Pelanggaran Hak Paten terhadap Pocketpair, Inc."

Direktur dan Presiden Representatif Nintendo Co., Ltd. Shuntaro Furukawa bersama dengan The Pokemon Company, mengajukan gugatan pelanggaran paten di Pengadilan Distrik Tokyo terhadap Pocketpair, Inc. pada 18 September 2024.



Gugatan ini meminta injeksi terhadap pelanggaran dan kompensasi atas kerusakan atas dasar bahwa Palworld, sebuah game yang dikembangkan dan dirilis oleh Tergugat, melanggar beberapa hak paten.

Nintendo akan terus mengambil tindakan yang diperlukan terhadap setiap pelanggaran hak kekayaan intelektualnya, termasuk merek Nintendo itu sendiri, untuk melindungi kekayaan intelektual yang telah dikerjakan keras selama bertahun-tahun.

Jika gugatan tersebut berhasil sampai ke persidangan tanpa tercapai penyelesaian, pembelaan Pocketpair harus bergantung pada penetapan bahwa Palworld cukup berbeda dari Pokémon. Dalam hal gameplay, Palworld dan game Pokémon utama tidak memiliki banyak tumpang tindih. Sedangkan game Pokémon utama adalah RPG belakang dengan pertempuran berbasis giliran, Palworld adalah game sandbox dunia terbuka multiplayer dengan pertempuran gaya penembak orang pertama real-time dan elemen bertahan hidup/kerajinan.

Fakta bahwa deskripsi gameplay Palworld terdengar seperti agregasi buzzwords desain game dari 10 tahun terakhir tidak sepenuhnya membantu menetapkan game ini sebagai judul yang inovatif, tetapi setidaknya membedakannya dari mekanika game Pokémon. Kemungkinan sudut serangan Nintendo/The Pokémon Company dalam gugatan tersebut akan menjadi seberapa dekat Palworld mengadopsi desain visual dari franchise Pokémon, dengan beberapa "Pals" terlihat seperti imitasi yang disengaja dari spesies Pokémon yang ada.

Waktu gugatan juga menunjukkan klaim pelanggaran IP Nintendo/The Pokémon Company mungkin melampaui game Palworld itu sendiri. Sudah delapan bulan sejak rilis Palworld untuk Xbox dan PC, tetapi selama musim panas Pocketpair mengumumkan mereka akan membentuk entitas baru, Palworld Entertainment, Inc., dalam asosiasi dengan Sony Music Entertainment untuk mempromosikan bisnis lisensi Palworld, baik di dalam negeri maupun internasional.



Meskipun gugatan tersebut hanya menyebutkan Pocketpair, bukan Palworld Entertainment, bisa jadi Nintendo/The Pokémon Company melihat potensi lisensi merchandise berdasarkan makhluk Palworld sebagaitambahan dari pelanggaran IP mendatang.

Perbedaan gameplay antara Palworld dan Pokémon tidak relevan. Situs web resmi Palworld Entertainment berisi pengumuman bahwa perusahaan tersebut mengembangkan jangkauan kekayaan intelektual dan untuk memperluas upaya bisnis komersial, termasuk lisensi dan merchandising global terkait dengan Palworld, di luar game interaktif, tetapi juga mengatakan bahwa perusahaan sedang dalam pengerjaan dan belum mengunggah pembaruan sejak itu.

Nintendo/The Pokémon Company membiarkan game Palworld itu sendiri berlalu, tetapi sekarang Pocketpair telah mengarahkan pandangannya pada Palworld untuk menjadi franchise hiburan yang lebih luas dengan elemen yang lebih murni visual, mereka telah diyakinkan bahwa sekarang waktunya untuk mengambil tindakan hukum.

Terlepas dari motivasi yang tepat, Pocketpair sekarang menemukan dirinya dengan tantangan yang dilemparkan oleh dua perusahaan yang tim legalnya memiliki catatan yang sangat kuat dalam perselisihan pelanggaran IP.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)