o1, Versi Terbaru ChatGPT yang Jawab Pertanyaan Tersulit

Sabtu, 14 September 2024 - 16:00 WIB
loading...
o1, Versi Terbaru ChatGPT...
Model o1, sebelumnya dikenal dengan nama sandi Strawberry, diperkenalkan bersamaan dengan o1-mini. Foto/Albawaba
A A A
JAKARTA - OpenAI memperkenalkan versi baru ChatGPT, o1. Versi ini sebagai model pertama dalam rangkaian model yang dirancang untuk menjawab pertanyaan lebih rumit dan menyelesaikan tugas yang melibatkan matematika, pemrograman, dan sains dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan kemampuan manusia.

Model o1, sebelumnya dikenal dengan nama sandi “Strawberry,” diperkenalkan bersamaan dengan o1-mini, versi yang lebih ringkas dan lebih terjangkau. Model kecerdasan buatan yang sudah ada, seperti GPT-4o yang merupakan model terkuat OpenAI, tidak mampu menangani tantangan yang dapat diatasi oleh model baru ini.

Sebelum memberikan jawaban yang tepat, model ini melalui proses penalaran terhadap masalah tersebut, berpikir secara terbuka seperti manusia, berbeda dengan model bahasa besar lainnya yang biasanya menghasilkan solusi dalam satu langkah.



Teknologi baru ini bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang mampu menalar melalui masalah kompleks. Menurut The New York Times, Sabtu (14/9/2024) tujuannya untuk mengembangkan sistem yang dapat memecahkan masalah secara sistematis dan logis dengan menggunakan serangkaian tahapan yang saling membangun, mirip dengan cara berpikir manusia.



Mulai hari ini, pelanggan ChatGPT Plus dan Team akan memiliki akses ke o1-preview dan o1-mini. Pelanggan Enterprise dan Edu akan mendapatkan akses pada awal minggu depan. OpenAI berencana membuat o1-mini tersedia bagi semua pengguna ChatGPT gratis, tetapi tanggal rilisnya belum diumumkan.

Kepala peneliti OpenAI, Bob McGrew, berkomentar kepada The Verge tentang o1, “Saya pikir Anda akan melihat ada banyak cara di mana model ini terasa agak asing, tetapi juga ada cara di mana model ini terasa sangat manusiawi.”
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)