Meta Berencana Izinkan Konten Soal Palestina - Israel Diposting di FB dan IG

Minggu, 08 September 2024 - 13:19 WIB
loading...
Meta Berencana Izinkan...
Meta izinkan postingan Israel Palestina diunggah. FOTO/ DAILY
A A A
MENLO PARK - Meta i dentik dengan platform yang sangat anti-Palestina, namun baru-baru ini Dewan Pengawas Meta baru-baru ini mengeluarkan keputusan yang melarang penghapusan konten di platform tersebut yang menggunakan frasa 'dari Sungai Hingga ke Laut'.



Frasa ini sering digunakan sebagai ungkapan solidaritas untuk mendukung hak-hak Palestina dan merujuk pada aspirasi negara Palestina yang meliputi wilayah dari Sungai Yordan hingga Laut Mediterania.

Keputusan ini diambil setelah Dewan Pengawas menilai beberapa konten di Facebook yang mengandung frasa tersebut.

Menurut dewan, frasa ini tidak mengandung unsur kekerasan, pengucilan, atau dukungan kepada kelompok teroris seperti Hamas. Konten yang menggunakan frasa ini seringkali dilaporkan dan secara otomatis dihapus oleh Meta.

Dalam pernyataannya, Dewan Pengawas Meta menjelaskan bahwa frasa tersebut tidak melanggar kebijakan Meta terkait ujaran kebencian, kekerasan, atau hasutan.

Oleh karena itu, Meta diminta untuk melakukan peninjauan manual terhadap konten yang dilaporkan dengan frasa tersebut sebelum mengambil tindakan.

Dewan juga menekankan pentingnya pembaruan Pustaka Konten Meta, pengganti CrowdTangle, untuk memastikan bahwa data yang tersedia sesuai dengan kebutuhan transparansi perusahaan.

Selain itu, Dewan Pengawas meminta agar Meta memberikan akses cepat ke Pustaka Konten Meta kepada peneliti, organisasi masyarakat sipil, dan jurnalis yang memenuhi syarat dalam waktu tiga minggu setelah pengajuan.

Meta menyambut baik hasil tinjauan dari Dewan Pengawas dan menyatakan akan mengikuti masukan yang diberikan oleh para ahli.

"Meskipun semua kebijakan kami dikembangkan dengan mempertimbangkan keselamatan, kami menyadari bahwa kebijakan tersebut menghadapi tantangan global dan kami secara teratur meminta masukan dari para ahli di luar Meta, termasuk Dewan Pengawas," ujar juru bicara Meta, seperti dikutip dari Reuters.

Platform media sosial sering kali menghadapi kritik terkait bagaimana mereka mengelola moderasi konten yang berkaitan dengan konflik.

Konflik yang berkaitan dengan Palestina dan Israel sangat rumit dan melibatkan banyak perspektif. Perusahaan teknologi bisa menjadi sasaran kritik karena dianggap tidak mampu atau tidak mau mengatasi peran mereka dalam penyebaran informasi yang bias atau merugikan.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)