Terbongkar, Rahasia Ponsel Bisa Dengar Percakapan Pengguna

Kamis, 05 September 2024 - 10:00 WIB
loading...
Terbongkar, Rahasia...
Rekaman percakapan pengguna ponsel dianalisa menggunakan AI untuk menempatkan iklan. Foto/Wionews
A A A
JAKARTA - Sebuah perusahaan pemasaran besar yang kliennya termasuk Facebook, Amazon, dan Google mengakui mendengarkan percakapan pengguna ponsel dan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menganalisis data guna menempatkan iklan .

Cox Media Group (CMG) mengakui kecurigaan yang telah lama ada di kalangan pengguna ponsel. Perusahaan tersebut menyatakan perangkat lunak "Active Listening" mereka menggunakan AI untuk menangkap data percakapan.

"Pengiklan dapat menggabungkan data suara ini dengan data perilaku untuk menargetkan konsumen yang sedang mencari," kata CMG dilansir Wionews, Kamis (5/9/2024).

Jejak data pengguna ponsel berdasarkan percakapan dan perilaku online dan perangkat lunak berbasis AI mengumpulkan dan menganalisis data perilaku dan suara dari lebih dari 470 sumber.



"Semua pengiklan harus mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku serta kebijakan Google Ads kami, dan ketika kami mengidentifikasi iklan atau pengiklan yang melanggar kebijakan ini, kami akan mengambil tindakan yang tepat," kata juru bicara Google seperti dikutip oleh NY Post.

Sementara itu, Meta, perusahaan induk Facebook, mengatakan bahwa mereka sedang meninjau CMG untuk menilai apakah mereka melanggar salah satu ketentuan layanan. "Meta tidak menggunakan mikrofon ponsel untuk iklan dan kami telah mengungkapkan hal ini secara publik selama bertahun-tahun," kata juru bicara Meta.



Ini bukan kali pertama sebuah perusahaan mengklaim mendengarkan percakapan dunia nyata melalui ponsel. Tahun lalu, MindSift, sebuah perusahaan yang berbasis di New Hampshire mengklaim bahwa mereka menggunakan data suara untuk menempatkan iklan yang terarah.

"Kami tahu apa yang Anda pikirkan. Apakah ini legal?" kata perusahaan tersebut dalam blog Cox yang sudah dihapus pada November 2023.

"Adalah legal bagi ponsel dan perangkat untuk mendengarkan Anda. Ketika unduhan atau pembaruan aplikasi baru meminta konsumen dengan perjanjian syarat penggunaan yang panjang di tempat yang tertulis kecil, Active Listening sering kali termasuk di dalamnya."
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)