Waspada Jika Muncul Iklan di Ponsel Anda, Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya

Kamis, 17 Juni 2021 - 22:29 WIB
loading...
Waspada Jika Muncul Iklan di Ponsel Anda, Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya
Jika pernah tiba-tiba muncul iklan di ponsel, bisa jadi perangkat mu terkena adware yang berbahaya. Foto: dok/thesslstore
A A A
JAKARTA - Pernahkan ada iklan yang tiba-tiba muncul pada layar ponsel? Jika pernah tiba-tiba muncul iklan di ponsel, bisa jadi perangkat mu terkena adware yang berbahaya . Tidak hanya di ponsel, tapi bisa saja terjadi pada laptop.

Adware sendiri pada dasarnya merupakan sebuh perangkat lunak yang dapat memunculkan iklan dan seringkali terpasang secara tidak sadar.



Bahayanya, iklan terebut merupakan pancingan agar korbannya mengklik link yang ada. Padahal link tersebut bisa saja upaya untuk mendapatkan akses ke dalam perangkat dan data pengguna.

Mengutip unggahan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika di Instagram, Kamis (17/6/2021) ada beberapa cara agar terhindar dari adware .

Pertama, jangan mengklik iklan atau link yang ada pada sebuh situs, khususnya situs ilegal seperti judi dan juga streaming ilegal.



Kedua, gunakan antivirus untuk mengecek kondisi perangkat kalian. Kemudian, coba cek kembali aplikasi yang akan dipasang pada perangkat. Baca dengan jelas informasi dan deskripsi yang tertera.

Jika sudah terkena adware yang dilakukan sebaiknya adalah hapus aplikasi yang mencurigakan dan menyebabkan adware.

Lalu, lakukan factory reset untuk mengembalikan ponsel ke kondisi semula.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3844 seconds (0.1#10.140)