Siapa John Ternus, Sosok Misterius yang Diprediksi Jadi Penerus Tahta Tim Cook di Apple

Senin, 02 September 2024 - 22:28 WIB
loading...
Siapa John Ternus, Sosok...
Tim Cook (kiri) dan John Ternus (kanan) yang diperkirakan bakal jadi pengganti Tim Cook di Apple. Foto: ist
A A A
JAKARTA - CEO Apple Tim Cook bakal segera lengser. Dan penggantinya sudah disiapkan. Ada beberapa kandidat, tapi yang terkuat adalah John Ternus. Siapa dia?

John Ternus adalah kepala teknik perangkat keras di Apple dan telah bekerja untuk perusahaan tersebut sejak 2001. Beberapa nama lain yang juga disebut-sebut sebagai calon pengganti Tim Cook termasuk Chief Operating Officer (COO) Jeff Williams.

Tim Cook telah memimpin Apple selama lebih dari 12 tahun. Tentu saja, suatu saat nanti ia akan lengser. Meskipun pria berusia 63 tahun ini diperkirakan tidak akan segera meninggalkan posisinya, beberapa eksekutif Apple telah diidentifikasi sebagai calon penggantinya oleh reporter Bloomberg, Mark Gurman.

Dua nama teratas dalam daftar Gurman adalah COO Jeff Williams dan John Ternus, Senior Vice President of Hardware Engineering Apple.

Namun, dalam newsletter yang diterbitkan pada Minggu, Gurman menulis bahwa ia percaya Ternus akan terpilih, dengan Cook beralih menjadi ketua eksekutif.

Siapa John Ternus?
Siapa John Ternus, Sosok Misterius yang Diprediksi Jadi Penerus Tahta Tim Cook di Apple

Latar Belakang Pendidikan

Ternus lulus dengan gelar sarjana teknik dari University of Pennsylvania pada 1997, menurut profil LinkedIn-nya. Ia mengambil jurusan teknik mesin.

Karier di Apple

Setelah lulus, ia bekerja selama empat tahun sebagai seorang insinyur sebelum bergabung dengan tim desain produk Apple pada 2001.
Ternus menjadi wakil presiden teknik perangkat keras pada 2013, menggantikan Dan Riccio. Ia telah bekerja pada berbagai produk Apple, termasuk setiap generasi dan model iPad, serta AirPods.

Pengalaman di Depan Publik
Siapa John Ternus, Sosok Misterius yang Diprediksi Jadi Penerus Tahta Tim Cook di Apple

Ternus sebenarnya sudah tampil di depan publik, kendati sorotannya tidaka sebanyak eksekutif Apple lainnya. Ia memiliki pengalaman mempresentasikan produk baru dan mengungkapkan versi baru iMac dan MacBook di acara Worldwide Developers Conference (WWDC).

Di acara "Let Loose" Apple pada Mei 2024, Ternus meluncurkan model iPad Pro dan iPad Air baru yang lebih tipis.
Reputasi sebagai Pemimpin

Seorang yang mengenal Ternus mengatakan kepada Bloomberg pada 2020 bahwa ia tetap rendah hati meskipun telah naik pangkat, dan merupakan manajer yang sangat dihormati.



Pada Mei, Bloomberg juga melaporkan bahwa seseorang yang dekat dengan tim eksekutif Apple mengatakan Cook "sangat menyukainya" karena Ternus dapat memberikan "presentasi yang baik, ia sangat santun, tidak pernah memasukkan sesuatu yang kontroversial ke dalam email, dan merupakan pengambil keputusan yang sangat berhati-hati."

Namun, orang dalam Apple lainnya mengatakan bahwa Ternus, 49 tahun, "terlalu junior" untuk menjadi CEO.

Mengapa Ternus Mungkin Mengungguli Williams

Tidak jelas mengapa Ternus sekarang mungkin telah menyalip Williams sebagai eksekutif yang paling mungkin menggantikan Cook.

Calon Pengganti Cook Lainnya

Calon pengganti Cook lainnya yang disebutkan oleh Gurman pada bulan Mei termasuk Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering yang bertanggung jawab atas pengembangan iOS dan macOS; dan kepala ritel Apple DeirdreO'Brien.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)