Cegah Spam, WhatsApp Siap Tambah PIN untuk Fitur Usename

Minggu, 25 Agustus 2024 - 21:57 WIB
loading...
Cegah Spam, WhatsApp...
WhatsApp. FOTO/ DAILY
A A A
MENLO PARK - WhatsApp kembali memperbarui fiturnya untuk kepentingan pengguna, fitur username WhatsApp akan menambahkan PIN untuk mencegah spam.



Fitur username. Fitur ini akan ditambahkan pin agar menjaga akun pengguna dari spam. Meski fitur ini belum dirilis secara resmi, WhatsApp sudah menyiapkan langkah perlindungan dengan menambahkan opsi pengaturan PIN untuk mencegah terjadinya spam.

Dengan adanya PIN ini, orang yang belum pernah berinteraksi dengan kamu di WhatsApp tidak bisa langsung mengirim pesan hanya dengan mengetahui username kamu. Ini penting karena nantinya username akan bersifat lebih publik dan dapat digunakan untuk menyembunyikan nomor telepon.

Dalam skenario ini, jika seseorang ingin menghubungi kamu namun belum pernah berinteraksi sebelumnya, mereka tidak hanya perlu mengetahui username kamu tetapi juga PIN khusus yang telah kamu atur. PIN ini minimal terdiri dari empat digit dan bersifat opsional, sehingga pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan atau tidak.

Perlu dicatat, jika kamu sudah pernah berinteraksi dengan seseorang sebelum fitur username ini diluncurkan secara resmi, percakapan tetap dapat berlanjut tanpa memerlukan username dan PIN.

Selain itu, pengguna yang sudah menyimpan kontak satu sama lain akan otomatis dapat melihat username masing-masing.

Fitur username di WhatsApp pertama kali diketahui sedang dikembangkan sejak Mei 2023. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi privasi nomor telepon pengguna, yang semakin penting di era digital saat ini.

Hal ini karena nomor telepon sering terhubung dengan data-data penting seperti akun bank dan lainnya. Namun, hingga kini, WhatsApp belum meluncurkan fitur ini secara resmi ke publik.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)