Canggih! Mahasiswa Indonesia Ciptakan Robot Pencari Korban Gempa

Kamis, 22 Agustus 2024 - 18:48 WIB
loading...
Canggih! Mahasiswa Indonesia...
Robot pencari korban gempa ciptaan mahasiswa UMM. Foto/Humas UMM
A A A
MALANG - Satu lagi inovasi anak bangsa yang patut dibanggakan hadir di tengah masyarakat, yaitu robot pencari korban gempa . Robot canggih yang menyerupai ular ini mampu mendeteksi keberadaan korban gempa di rerentuhan bangunan.

Lantaran bentuknya menyerupai ular, robot ini dinamai snake arm robot atau continuum arm robot. Kehadiran perangkat baru ini diinisiasi oleh tiga mahasiswa UMM dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, yakni Almas Kurnia Alim, Alvinanda Dheta Attalariq, dan Muhammad Rafi Rizq Sandy.

Muhammad Rafi Rizq Sandy, koordinator tim mengungkapkan, secara umum, Continuum arm robot merupakan alat yang memiliki segmen sendi dengan derajat kebebasan tak terbatas. Fungsi alat ini untuk menjangkau celah-celah sempit di bawah reruntuhan bangunan usai terjadi gempa.

Canggih! Mahasiswa Indonesia Ciptakan Robot Pencari Korban Gempa


"Mengingat bahwa Indonesia merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam lokasi Ring of Fire. Umumnya, wilayah kategori ini dikelilingi oleh pegunungan vulkanik dan lempengan-lempengan tektonik. Sehingga, berpeluang besar terjadinya bencana alam seperti gempa bumi," ujar Muhammad Rafi Rizq Sandy, Kamis (22/8/2024).



Rafi, sapaan akrabnya, menjelaskan, ketika terjadi gempa bumi, evakuasi yang cepat adalah upaya yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tidak lain adalah untuk memaksimalkan penyelamatan korban, serta meminimalisirkan persentase angka korban kematian. “Alatnya dioperasikan untuk memasuki celah-celah sempit reruntuhan yang susah dijangkau oleh manusia," kata dia.

Ia menambahkan, alat tersebut dilengkapi fitur kamera dan lampu senter untuk mengidentifikasi keadaan, serta lokasi korban selamat. Menariknya, nantinya alat ini juga dilengkapi fitur pembantu lainnya, seperti alat komunikasi, selang oksigen, dan selang makanan sebagai pendukung peluang kehidupan para korban.

Canggih! Mahasiswa Indonesia Ciptakan Robot Pencari Korban Gempa


“Fitur alat komunikasi diatur untuk mengidentifikasi apakah korban masih memungkinakan untuk berkomunikasi atau tidak. Kemudian, fungsi selang oksigen sebagai pemasok sementara oksigen kepada korban. Sedangkan, makanan yang berbentuk gel untuk memudahkan dikonsumsi oleh korban akan disalurkan melalui selang lainnya,” terangnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)