Apollo Robot Humanoid Spesialis Pekerjaan Gudang

Senin, 28 Agustus 2023 - 18:06 WIB
loading...
Apollo Robot Humanoid Spesialis Pekerjaan Gudang
Apollo Robot Humanoid Spesialis. FOTO/ THE ROBOT REPORT
A A A
JAKARTA - Robot humanoid Apollo menjadi perbincangan hangat di Amerika Serikat. Bukan tanpa alasan, pasalnya robot yang diluncurkan oleh perusahaan Apptronik tersebut hadir dengan dibekali kemampuan menyelesaikan pekerjaan gudang.

Apollo digadang-gadang akan menjadi spesialis pekerjaan pengangkut barang. Dengan tinggi 172cm, berat 72kg, baterai yang tahan selama 4 jam, dan tangan dan kaki yang kuat, Apollo diharapkan bisa mengangkat barang seberat 25kg.

Desain Apollo yang menyerupai manusia juga memungkinkan ia memiliki tingkat kelincahan serta mobilitas tinggi. Dengan begitu memudahkannya mengerjakan tugas-tugas gudang yang memerlukan ketangkasan tangan dan kekuatan ekstra.

Apollo menggunakan persepsi penglihatan dan penginderaan kekuatan untuk memperlambat saat manusia mendekat, dan ia memiliki prosedur keselamatan bawaan untuk meminimalkan kerusakan jika ia terjatuh.

Apollo sebagai robot serbaguna yang dapat melakukan berbagai tugas disebut mampu bekerja sama dengan baik dengan manusia di lingkungan kerja. Ini karena Apollo didesain untuk bisa beradaptasi dan nerkolaborasi dengan cepat.

Sebagaimana dilansir dari Ubergizmo, Senin (28/8/2023), Apollo merupakan robot humanoid yang cukup spesial. Pasalnya sejak perusahaan didirikan pada tahun 2016, akhirnya bisa menghadirkan robot komersial pertana yang diimpikan.

Perusahaan, yang sebagian besar mengerjakan proyek penelitian dan pengembangan dengan kerangka luar dan gerakan dua kaki untuk pemerintah AS dan Departemen Pertahanan, kini melangkah ke bidang humanoid komersial.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)