Paramount Global, Dell, LegalZoom, dan Axios PHK Masal: Raksasa Teknologi Mulai Goyah

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 18:05 WIB
loading...
Paramount Global, Dell,...
PHK masal yang melanda raksasa teknologi semakin mengkhawatirkan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah perusahaan terkemuka di sektor teknologi dan media secara signifikan mengurangi jumlah tenaga kerja mereka.

Industri media dan teknologi menghadapi masa sulit karena banyak perusahaan raksasa yang mengumumkan PHK sejak awal Agustus.

Intel jadi nama besar pertama yang mengumumkan pemutusan hubungan kerja ketika raksasa chip tersebut pada 1 Agustus mengatakan akan memberhentikan sekitar 15.000 stafnya—atau sekitar 15% dari total tenaga kerjanya.

Namun sejak itu, lebih banyak perusahaan baik di bidang teknologi maupun media telah mengumumkan PHK. Berikut adalah beberapa perusahaan terbaru yang melakukannya:

1. Dell Technologies

Dell Technologies Inc mengonfirmasi kepada Bloomberg bahwa mereka sedang bersiap melakukan PHK karyawan. “Melalui reorganisasi tim go-to-market kami dan serangkaian tindakan berkelanjutan, kami menjadi perusahaan yang lebih ramping,” ujar juru bicara Dell.

Laporan terbaru SiliconAngle menyebut, jumlah karyawan yang diberhentikan bisa jadi cukup tinggi. Dell mungkin berencana memberhentikan 12.500 pekerja, atau sekitar 10% dari stafnya.

Dell memangkas pekerjaan untuk mengurangi biaya operasional sekaligus merestrukturisasi tim di perusahaan untuk memprioritaskan kembali tempat mereka menginvestasikan sumber dayanya.

2. LegalZoom

Perusahaan dokumen hukum online mengumumkan akan memberhentikan 15% dari tenaga kerja globalnya dalam upaya restrukturisasi. Langkah tersebut dilakukan dalam upaya menghemat sekitar USD25 juta per tahun.

3. Eventbrite

Platform acara dan tiket Eventbrite memberhentikan sekitar 100 karyawan, atau 11% dari stafnya, lapor Business Insider. Langkah tersebut bertujuan untuk mengurangi biaya karena perusahaan menurunkan prospek pendapatan tahun fiskal 2024.

“Mengingat prospek pendapatan yang berkurang dan sesuai dengan komitmen kami terhadap disiplin keuangan, kami telah mengambil tindakan tegas untuk secara signifikan mengurangi biaya operasional,” kata perusahaan tersebut.

4. Axios

Di sisi media, Axios mengumumkan minggu ini bahwa mereka akan memberhentikan 50 karyawan, atau sekitar 10% dari stafnya.


5. Paramount Global

Paramount Global mengumumkan akan memberhentikan sekitar 2.000 karyawan, atau sekitar 15% dari tenaga kerja AS-nya, catat Variety.

PHK tersebut terjadi karena perusahaan berusaha keras untuk memangkas biaya setelah mengungkap kerugian operasional besar akibat penurunan nilai jaringan kabelnya sebesar hampir USD6 miliar, termasuk Comedy Central, MTV, danNickelodeon.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)