Google Hapus Iklan Gemini AI dari Olimpiade Paris 2024

Minggu, 04 Agustus 2024 - 15:11 WIB
loading...
Google Hapus Iklan Gemini...
Iklan Gemini AI dihapus dari Olimpiade Paris 2024. FOTO/ DAILY
A A A
PARIS - Google memutuskan untuk menarik iklan AI terbarunya, Gemini AI, dari ajang Olimpiade Paris 2024 Keputusan ini diambil setelah adanya reaksi keras dari berbagai pihak, baik dari publik maupun dari para atlet sendiri.



Iklan yang berjudul “Dear Sydney” memperlihatkan ayah seorang gadis yang meminta chatbot AI untuk membantu menulis surat kepada atlet favoritnya, pelari gawang dan sprinter AS Sydney McLaughlin-Levrone.

“Gemini, bantu putriku menulis surat yang memberi tahu Sydney betapa inspiratifnya dia,” kata sang ayah dalam iklan tersebut, yang mendorong Gemini. Iklan tersebut kemudian menampilkan draf yang dibuat Gemini secara singkat dan ditutup dengan rekaman gadis kecil yang berlari di lintasan dengan teks yang bertuliskan, “Sedikit bantuan dari Gemini.”

Seperti dilansir dari The Verge Minggu (4/8/2024), ada kekhawatiran bahwa iklan tersebut mencoba untuk memanipulasi citra Olimpiade atau bahkan para atlet itu sendiri. Penggunaan AI dalam iklan ini mungkin dianggap sebagai upaya untuk menciptakan kesan yang tidak realistis atau bahkan menyesatkan.

Beberapa pihak merasa bahwa penggunaan iklan AI dalam ajang sebesar Olimpiade merupakan bentuk komersialisasi yang berlebihan. Olimpiade sering dianggap sebagai ajang yang murni dan tidak seharusnya terkontaminasi oleh kepentingan komersial.

Seorang juru bicara Google mengatakan “Meskipun iklan tersebut telah diuji dengan baik sebelum ditayangkan, mengingat umpan balik yang diterima, kami telah memutuskan untuk menghapus iklan tersebut dari rotasi Olimpiade kami.”

Google mengatakan pihaknya masih melihat aplikasi Gemini sebagai alat bantu untuk menyediakan “titik awal” dalam menuliskan ide.

“Kami percaya bahwa AI dapat menjadi alat yang hebat untuk meningkatkan kreativitas manusia, tetapi tidak akan pernah dapat menggantikannya,” kata pernyataan tersebut.

Penggunaan teknologi AI dalam iklan seringkali melibatkan pengumpulan data pribadi pengguna. Hal ini memunculkan kekhawatiran tentang privasi para atlet dan penonton Olimpiade.

Keputusan ini dapat berdampak pada reputasi Google sebagai perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial. Publik mungkin akan lebih kritis terhadap penggunaan teknologi AI oleh Google di masa mendatang.

Penarikan iklan ini juga dapat mempengaruhi hubungan antara Google dan International Olympic Committee (IOC). IOC mungkin akan lebih berhati-hati dalam memilih mitra komersial di masa depan.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)