Begini Cara Telkom Mentransformasi Solusi Digital untuk Pelaku Bisnis di Sektor Kesehatan

Rabu, 31 Juli 2024 - 15:22 WIB
loading...
Begini Cara Telkom Mentransformasi...
Indibiz Health menawarkan produk digital Healthical yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelaku usaha di sektor kesehatan. Foto: Indibiz
A A A
JAKARTA - Revolusi digital merambah berbagai sektor, termasuk kesehatan. Di Indonesia, Indibiz Health milik Telkom Indonesia mencoba memberi solusi digital bagi para pelaku bisnis di sektor kesehatan. Mulai dari klinik, rumah sakit, hingga puskesmas.

Sistem Informasi Manajemen Terpadu

Indibiz Health meyakini bahwa sistem informasi manajemen (SIM) yang terpadu adalah kunci utama dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

Dengan SIM yang terintegrasi, fasilitas kesehatan (faskes) dapat mengelola data pasien, jadwal dokter, rekam medis, dan informasi lainnya secara lebih efisien dan akurat.

Solusi digital Indibiz Health memberikan akses lebih mudah, cepat, dan akurat bagi semua pemangku kepentingan di faskes, termasuk perawat, kasir, farmasi, laboratorium, radiologi, penjamin asuransi, dan administrasi.

Selain itu, solusi ini juga dapat dikembangkan di faskes yang sudah memenuhi standar Satusehat milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sesuai Health Level Seven International.

Dina Ristina Putri, Petugas Rekam Medis Puskesmas 7 Ulu Palembang, mengaku sangat terbantu dengan solusi digital ini.

“Solusi digital ini penting dalam proses operasional di Puskesmas. Dari mencari nomor rekam medis dan melihat jumlah kunjungan pasien semua bisa dikerjakan secara mudah. Semua fungsi system data juga sudah terintegrasi antar unit di Puskesmas, BCare, Mobile JKN dan Satu Sehat," jelas Dina.

Tauhid Aminudin, Head of IT RSU Andhika, juga merasakan manfaat serupa. "Awalnya kami menggunakan paket standar, namun karena kebutuhan Rumah Sakit untuk menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME), kami meng-upgrade solusi digital Indibiz Health ke paket enterprise yang langsung terintegrasi dengan Satusehat dan BPJS," ungkap Tauhid.

Direktur Klinik Kita, Nurul Hidayati, juga memberikan testimoni positif. "Sangat membantu kami dalam proses administrasi dan pelayanan di Klinik Kita. Dengan fitur/menu lengkap dari pasien datang sampai pulang. Pelayanan baik pasien umum, BPJS Kesehatan maupun asuransi jadi lebih mudah," jelas Nurul.


Telkom optimis bahwa menggunakan Healthical, proses transformasi digital kesehatan akan semakin mudah, pengalaman dan kepuasan pasien akan meningkat, serta manajemen dan operasional layanan kesehatan akan lebih efisien.

Healthical sendiri sudah dipakai oleh ratusan pelanggan di 11 provinsi di Indonesia, termasuk RS Kasih Ibu Surakarta, RS Metropolitan Medical Center, Klinik Garuda Sentra Medika, RSU Andhika, Klinik Kita, Puskesmas 7 Ulu Palembang, dan ratusan puskesmas sertaapoteklainnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)