Gunakan AI Generatif, Sistem Pelayanan Jadi Lebih Personal

Kamis, 11 Juli 2024 - 17:24 WIB
loading...
Gunakan AI Generatif,...
Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tengah merombak dunia bisnis. FOTO/ Daily
A A A
JAKARTA - Kecerdasan Buatan (AI) memang sedang mengalami revolusi besar dan mengubah lanskap bisnis secara signifikan. Implementasi AI kini merambah ke berbagai sektor, dari manufaktur hingga layanan keuangan, membawa efisiensi, inovasi, dan peluang baru yang tak terbatas.



Teknologi tersebut juga dimanfaatkan Lion Parcel dengan gandeng Salesforce, CRM AI, untuk meningkatkan layanan pelanggannya melalui integrasi perangkat AI generatif.

Lion Parcel menggunakan Salesforce Service Cloud untuk memberdayakan tim dalam memahami perilaku pelanggan dan mendorong layanan yang lebih personal di seluruh platform.

“Dengan menggunakan solusi dari Salesforce dan AI, kami dapat secara efektif menganalisis dan mengambil tindakan terhadap data pelanggan secara real-time dalam satu platform, serta memberikan layanan dan pengalaman pelanggan yang unggul, bahkan ketika jaringan kami berkembang pesat di seluruh Indonesia,” ujar Budi Santoso, Chief Experience Officer, Lion Parcel.

Hasilnya, customer care dapat dilakukan secara efektif dalam mengelola dan memprioritaskan kasus layanan pelanggan, berkontribusi meningkatkan waktu respons layanan yang lebih cepat dan mengurangi waktu penyelesaian sebesar 73%.

Sebagai contoh pemanfaatan teknologi ini, Lion Parcel sudah menggunakan AI untuk menangani sekitar 90% interaksi pelanggan di WhatsApp sebagai platform yang paling banyak digunakan pelanggan untuk berkomunikasi.

Pada kasus-kasus yang membutuhkan penanganan khusus, solusi AI ini secara otomatis meneruskan kasus tersebut ke agen layanan yang sesuai, yang kemudian mencatat kasus tersebut di Service Cloud dan untuk segera dilakukan pengambilan keputusan yang diperlukan.

Lion Parcel juga telah menggunakan Sales Cloud dan Slack milik Salesforce di seluruh lini bisnisnya untuk menyederhanakan proses operasional dan menghubungkan seluruh stakeholders terkait proses tersebut.

“Penggunaan AI oleh Lion Parcel dengan Salesforce menjadi contoh bagaimana teknologi ini dapat mempersonalisasi pengalaman pelanggan dalam skala besar. Kami sangat senang dapat terus mendukung perjalanan Lion Parcel untuk menjadi pemain logistik terdepan di Indonesia,” tutup ujar Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, Salesforce ASEAN.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)