Gangguan Pusat Data Nasional Lumpuhkan Layanan Imigrasi, Kominfo Upayakan Pemulihan Bertahap

Jum'at, 21 Juni 2024 - 08:54 WIB
loading...
Gangguan Pusat Data Nasional Lumpuhkan Layanan Imigrasi, Kominfo Upayakan Pemulihan Bertahap
Gangguan pada Pusat Data Nasional telah menyebabkan gangguan pada sejumlah layanan publik, termasuk layanan keimigrasian. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melumpuhkan sejumlah layanan publik, termasuk layanan keimigrasian di seluruh Indonesia. Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa pihaknya sedang berupaya memulihkan layanan secara bertahap.

Dampak Luas Gangguan PDN

Gangguan pada PDN tidak hanya berdampak pada layanan keimigrasian, tetapi juga pada layanan publik lainnya yang mengandalkan pusat data ini. PDN merupakan pusat penyimpanan dan pengelolaan data bagi seluruh instansi pemerintahan di Indonesia.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim, mengonfirmasi bahwa gangguan pada sistem imigrasi disebabkan oleh masalah pada PDN. "Yang bermasalah PDN, Pusat Data Nasional, yang dikelola Kominfo," kata Silmy kepada Antara.

Akibat gangguan ini, terjadi antrean panjang di konter imigrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan bandara lainnya di seluruh Indonesia. Direktorat Jenderal Imigrasi melalui akun Instagram resminya mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan internasional untuk datang lebih awal guna mengantisipasi antrean yang lebih lama.

Upaya Pemulihan Layanan

Menteri Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa tim teknis sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat proses pemulihan layanan yang terdampak. "Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap," ujar Budi Arie.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai penyebab gangguan pada PDN. Namun, Kominfo berkomitmen untuk segera menyelesaikan masalah ini dan memastikan layanan publik dapat kembali beroperasi normal.


Mengapa Harus PDN?

PDN memiliki peran penting dalam mendukung layanan publik di Indonesia. Pusat data ini menyimpan dan mengelola berbagai data penting, mulai dari data kependudukan, data perizinan, hingga data keuangan negara. Gangguan pada PDN dapat menyebabkan terhambatnya layanan publik dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk memastikan keamanan dan keandalan PDN. Pemerintah juga perlu memiliki rencana cadangan untuk mengantisipasi gangguan pada PDN agar layanan publik tetap dapat berjalandenganlancar.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)