Valuasi Tembus USD3 Triliun, Ini 5 Alasan Mengapa Nvidia Bisa Menyalip Apple

Jum'at, 07 Juni 2024 - 20:02 WIB
loading...
Valuasi Tembus USD3 Triliun, Ini 5 Alasan Mengapa Nvidia Bisa Menyalip Apple
CEO Nvidia Jensen Huang menjadi sorotan seiring valuasi Nvidia yang terus meningkat. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - Kombinasi faktor seperti AI telah mendorong valuasi Nvidia melampaui Apple, menjadikannya salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Saham Nvidia (NVDA) untuk pertama kalinya tembus USD3 triliun, membuat raksasa chip asal Amerika itu melewati Apple. Nvidia menjadi perusahaan teknologi kedua terbesar di dunia sebelum Microsoft. Saat ini Microsoft (MSFT) memegang posisi teratas.

Nvidia menunjukkan antusiasme investor terhadap kecerdasan buatan, yang terus meningkat dengan dirilisnya ChatGPT oleh OpenAI pada akhir 2022.

Saham Nvdia naik lebih dari 140% tahun ini dan 200% selama setahun terakhir. Bahkan, saham Nvidia telah naik lebih dari 3.300% dalam lima tahun terakhir.

Berikut alasan utama mengapa Nvidia berhasil melampaui Apple dalam hal valuasi pasar :

1. Ledakan Kecerdasan Buatan (AI)

Nvidia adalah pemimpin dalam pengembangan chip grafis (GPU) yang sangat penting untuk teknologi AI. Permintaan akan teknologi AI telah meningkat pesat, terutama dengan popularitas ChatGPT dan model AI generatif lainnya. Hal ini mendorong permintaan akan GPU Nvidia, yang pada gilirannya meningkatkan harga sahamnya.

2. Dominasi Pasar GPU

Nvidia mendominasi pasar GPU, terutama untuk aplikasi AI dan pusat data. Dominasi pasar ini memberikan Nvidia keuntungan kompetitif yang signifikan dan memungkinkan mereka untuk menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk mereka.

3. Optimisme Investor

Investor sangat optimis tentang potensi pertumbuhan Nvidia di masa depan. Mereka percaya bahwa permintaan akan teknologi AI akan terus meningkat, dan Nvidia berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan tren ini. Optimisme ini mendorong harga saham Nvidia lebih tinggi.


4. Kinerja Keuangan Kuat

Nvidia telah secara konsisten melaporkan kinerja keuangan yang kuat, dengan pertumbuhan pendapatan dan laba yang mengesankan. Hal ini semakin memperkuat keyakinan investor terhadap prospek perusahaan.

5. Peluang Pasar yang Luas

Pasar AI masih dalam tahap awal perkembangannya, dan Nvidia memiliki banyak peluang untuk tumbuh. Perusahaan ini terus berinovasi dan mengembangkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2085 seconds (0.1#10.140)
pixels