10 Perangkat Teknologi yang Masuk Rekor Dunia

Jum'at, 31 Mei 2024 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Ketika Nintendo 3DS dirilis pada musim semi 2011, telah menampilkan desain seperti laptop yang dapat dilipat dengan layar sentuh, layar penggeser 3D, dan enam kartu AR. Meski dimulai dengan awal kurang sukses karena penjualan yang lesu, Nintendo tidak mau menyerah. Nintendo memangkas harga 3DS sebesar 32%, dari USD250 menjadi USD170. Mereka juga menawarkan 10 game NES gratis dan 10 game Game Boy Advance gratis kepada pembeli konsol tersebut.

7. Kamera Smartphone Pertama Berteknologi Putar 360 Derajat


Mimpi memiliki penglihatan seperti Superman dengan sinar-X berusaha diwujudkan pada 2017. Sebuah kamera ponsel cerdas dikombinasikan dengan algoritma tertentu memungkinkan penggunanya melihat ke sekeliling alias berputar 360 derajat.

Terobosan dalam kamera sudut dibuat di Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan MIT. Algoritma analisis gambar mengamati pola pantulan cahaya dan bayangan yang jatuh di lokasi tertentu, serta dapat menentukan ukuran dan penempatan objek bergerak di dekat sudut tempat bayangan tersebut mungkin terjadi.

8. Laptop Clamshell Pertama


Dua panel datar yang dihubungkan dengan engsel menjadi tampilan umum laptop. Kembali ke tahun 1975 dan 1981 terdapat seri IBM 5100 dan Osborne 1 yang tercatat sebagai komputer portabel pertama, atau komputer laptop.Tepat sebelum laptop clamshell pertama, GRiD Compass milik NASA diciptakan pada 1982. Produk ini menjadi desain tradisional pertama laptop dengan RAM hanya 512KB. Banyak yang mengklaim ini laptop pertama karena desainnya. Meskipun beratnya hanya sekitar 5 kilogram dan berharga sekitar Rp100 juta pada saat itu.


9. Kamera Tercepat di Dunia


Angka 156,3 triliun frame per detik menjadi kecepatan kamera tercepat di dunia. Kamera SCARF (Swept Coded Aperture Real-Time Femtophotography) diklaim dapat merekam peristiwa yang terjadi dalam kuadriliun detik.

Teknologi Compressed Ultrafast Photography (CUP) dikembangkan pada 2014. Teknologi ini kemudian berkembang menjadi Compressed Ultrafast Trillion Frames Per Second Photography (T-CUP), dan pada 2020 menjadi Compressed Ultrafast Spectrophotography (CUSP).Perkembangan ini sangat berguna bagi para ilmuwan karena memungkinkan mereka mengamati proses yang sangat cepat seperti demagnetisasi paduan logam atau gelombang kejut di dalam sel hidup.

9. Konsol Game Pertama dengan Perangkat Modem Satelit


Kisah ini dimulai pada 1993, ketika Nintendo membayar sekitar USD6,7 juta untuk menjadi pemegang saham mayoritas Satellite Digital Audio Broadcasting Co., yang dikenal sebagai Seigiga. Perusahaan Jepang ini menjadi operator penyiaran digital pertama di dunia, namun terlilit utang besar akibat dampak resesi Jepang.

Pada 1994, kedua perusahaan meresmikannya dan meluncurkan Satellaview. Periferal modem satelit terhubung ke Sistem Hiburan Super Nintendo, memungkinkan pengguna mengunduh permainan, foto, berita, majalah, dan media lain tertentu yang disiarkan melalui satelit pada waktu tertentu dalam sehari.

Sayangnya, cerita ini tidak bertahan lama. Tiba-tiba berakhir pada 1999 setelah Saint-Giga menolak melunasi utangnya dan dengan menolak rencana penyelesaian utang Nintendo . Hubungan tersebut semakin rusak ketika Saint-Giga gagal mengajukan izin penyiaran dari pemerintah, yang akhirnya menyebabkan Nintendo menarik diri dan memutuskan hubungan. Saint Giga melakukan upaya yang lemah untuk tetap mengudara, tetapi akhirnya bangkrut dan bergabung dengan perusahaan lain pada tahun 2003.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)