Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android

Kamis, 30 Mei 2024 - 13:39 WIB
loading...
Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android
Membuat video stop motion tak perlu perlengkapan kamera mahal dan canggih. (Foto: Creativebug)
A A A
JAKARTA - Kreator konten kini tengah tergila-gila membuat video stop motion. Saking menjadi tren, cara membuat video stop motion di iPhone dan Android banyak dinanti.

Membuat video stop motion tak perlu perlengkapan kamera mahal dan canggih. Hanya butuh smartphone berbasis Android dan iOS.

Melansir laman Misahungry.com, Kamis (30/5/2024), stop motion berupa teknik merangkai sejumlah gambar untuk membuat video. Elemen dalam bingkai akan dipindahkan sedikit pada setiap bidikan untuk menciptakan efek gerakan. Kemudian, semua gambar tersebut digabungkan dengan bantuan software untuk membuat video stop motion.

Langkah demi langkah cara membuat video stop motion menggunakan telepon Apple dan Android bisa disimak berikut ini.


1. Unduh dan instal aplikasi


Ada banyak aplikasi stop motion untuk membuat video stop motion, salah satunya Stop Motion Studio. Aplikasi Stop Motion Studio tersedia untuk platform Android dan iOS. Versi gratis dari aplikasi ini cukup baik untuk melakukan editing video. Jika tertarik dengan fitur-fitur lanjutannya, pilih versi premium.

2. Buka aplikasi


Setelah menghentikan antarmuka aplikasi Motion Studio, buka aplikasinya. Lalu klik opsi " Film Baru " untuk membuat video stop motion baru. Aplikasi akan meminta izin saat pengguna melakukan ini untuk pertama kalinya. Pilih opsi "saat menggunakan aplikasi".

3. Siapkan aksesori tambahan


Pengguna perlu tripod untuk kestabilan pengambilan gambar di ponsel. Pengguna juga perlu alat pengatur zoom atau pelepas rana jarak jauh untuk ponsel untuk membantu menghindari guncangan kamera saat menekan tombol di ponsel.

4. Tempatkan obyek video dengan tepat


Setelah memasang tripod, posisikan ponsel sedemikian rupa sehingga dapat melihat pemandangan melalui aplikasi. Kemudian, tempatkan semua objek dengan tepat untuk dipotret atau direkam.

5. Mengatur set kamera ponsel


Pengguna dapat melihat 8 opsi tombol berbeda di kedua sisi layar video. Lalu klik ikon kamera di pojok kanan atas. Klik "Pengaturan" jika ingin mengubah rasio aspek, kecepatan pemutaran, filter, dan resolusi video.

Setelah posisi awal semua elemen dalam pemandangan diatur, pengguna dapat mengklik tombol pemicu rana merah untuk mengambil frame pertama.

Pindahkan elemen dan ambil frame foto berikutnya. Lanjutkan proses ini hingga menangkap semua frame foto yang diperlukan untuk video tersebut.

Jika ingin melihat hasil video sementara, pengguna dapat mengklik tombol putar di bawah tombol kamera berwarna merah.


6. Opsi penyimpanan dan pengeditan


Setelah selesai mengambil gambar, klik tombol kembali di atas tombol rana (pojok kanan atas) untuk dapat melihat layar sebelumnya dan melihat semua bingkai yang diambil di layar bawah. Pengguna juga dapat menghapus atau menyisipkan bingkai baru di sini jika diperlukan.

Setelah puas dengan urutan gambarnya, klik tombol kembali di pojok kiri atas. Putar video dengan menyentuh dan menahan proyek motion untuk mendapatkan opsi putar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)
pixels