10 Game Anak-anak yang Seru dan Edukatif, Main Sambil Belajar

Selasa, 21 Mei 2024 - 17:54 WIB
loading...
10 Game Anak-anak yang Seru dan Edukatif, Main Sambil Belajar
Banyak game yang seru dan edukatif yang bisa dimainkan di tablet atau smartphone untuk anak-anak. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ada beragam game anak-anak yang seru dan edukatif. Tak hanya bermain, namun juga bisa belajar tentang banyak hal.

Seiring perkembangan teknologi, smartphone menjadi alat tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Suka atau tidak suka, hal ini juga mulai berlaku untuk anak-anak.

Bukan hanya sebagai media untuk sekolah, penggunaan smartphone biasa dilakukan anak-anak untuk bermain game. Melihat banyaknya game yang dapat diakses secara bebas, para orang tua perlu waspada.

Tak harus melarang sepenuhnya, orang tua bisa memilih game yang rasanya aman dimainkan anaknya. Diolah dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah game anak-anak yang seru dimainkan tapi juga edukatif.

Game Anak-anak yang Seru dan Edukatif

1. Pou
10 Game Anak-anak yang Seru dan Edukatif, Main Sambil Belajar

Pou sebenarnya tak hanya populer di kalangan anak-anak. Game ini juga disukai kalangan lain karena keseruannya. Melalui game ini, pemain dilatih untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam merawat karakter Pou. Seperti hewan peliharaan, pemain harus paham tentang cara merawatnya.

Misal, seperti waktu yang tepat memberinya makan, mandi, tidur hingga bermain. Selain itu, pemain juga dapat mencoba beragam permainan lain yang tersedia di dalamnya.

2. Cooking Mama: Let’s Cook

Sesuai namanya, game ini adalah permainan masak-masakan. Bedanya, ini versi online saja. Pada Play Store, Cooking Mama: Let’s Cook bisa diunduh secara gratis. Layaknya game simulasi memasak, pemain bisa belajar tentang proses memasak menu sesuai resep.

3. Duolingo

Duolingo menjadi game edukasi untuk mengajarkan anak tentang bahasa asing. Tak hanya bahasa Inggris, ada puluhan pilihan lainnya yang bisa dipelajari.

Secara tampilan, game Duolingo pun cukup menarik, sehingga pemain akan lebih antusias. Game ini sangat cocok ketika Anda ingin mengenalkan anak dengan bahasa asing.

4. My Talking Tom

Berikutnya ada Talking Tom. Game ini memungkinkan pemain mendapat sebuah kucing peliharaan virtual bernama Tom. Layaknya hewan peliharaan, pemain harus merawat Tom dengan baik. Bukan hanya memberinya makan atau memandikannya, sesekali ajaklah untuk bermain game yang seru.

5. Minecraft
10 Game Anak-anak yang Seru dan Edukatif, Main Sambil Belajar

Minecraft adalah sebuah game yang memungkinkan pemain untuk membangun dunia sendiri. Game mobile ini menghadirkan petualangan seru dengan versi yang terus diperbarui, sehingga menjadikannya disukai berbagai kalangan, termasuk anak-anak.

Tak sekadar bermain, Minecraft juga bisa melatih anak dalam berpikir logis dan strategis. Selain itu, permainannya pun dapat dilakukan secara bersama dalam mode multiplayer.

6. Math Land

Game anak-anak yang seru dan edukatif berikutnya adalah Math Land. Game ini bisa menjadi solusi bagi orang tua yang sulit mengajari anaknya belajar matematika.

Sesuai namanya, Math Land mengajak pemain memainkan karakter bajak laut untuk memecahkan teka-teki dalam bentuk soal matematika. Tingkat kerumitan soalnya pun bisa disesuaikan dengan usia anak.

7. Lingokids

Lingokids memungkinkan pemain belajar berbagai hal. Misal, seperti aktivitas sehari-hari layaknya membersihkan diri dengan mandi, menghias kue ulang tahun, dan lainnya.

Jalannya permainan akan semakin menyenangkan dengan kehadiran berbagai karakter hewan yang lucu. Singkatnya, game ini sangat cocok untuk dijadikan metode belajar pada anak.

8. Doctor Kids

Dokter menjadi salah satu profesi yang biasa dicita-citakan anak-anak. Ketika ingin mencoba simulasinya, game ini bisa jadi pilihan.
Melalui Doctor Kids, pemain bisa menjadi seorang dokter. Mereka dapat menjalankan tugas seperti membersihkan gigi hingga memeriksa kondisi tubuh.

9. Wordscapes

Berikutnya ada Wordscapes. Game permainan kata ini bisa dimainkan untuk sarana belajar anak-anak. Melalui game ini, pemain akan diajak bermain menyusun kata dari beberapa huruf yang tersedia.


10. Puzzle Kids

Ada beragam game puzzle yang seru dimainkan untuk anak. Contohnya adalah Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle.
Pada game ini, terdapat 4 kategori mini game yang terdiri dari mencocokkan bentuk, menyusun objek, tebak gambar hingga teka-teki jigsaw. Itulah deretan game anak-anak yang seru dimainkan dan tentunya mendidik. Selamatmencoba!
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4222 seconds (0.1#10.140)