Dukung World Water Forum, Telkom Sediakan Jaringan 5G di 5 Titik

Kamis, 16 Mei 2024 - 13:49 WIB
loading...
Dukung World Water Forum, Telkom Sediakan Jaringan 5G di 5 Titik
GM Witel Denpasar Ismono Adi Jatmiko, GM Region Network Operations and Productivity Bali Nusra Telkomsel Pramono, Direktur Operations Telkom Akses: Ambari, EVP Divisi Government Service: Syaifudin, DEGM CNOP Service Operation DSO Fusheng Manre, DEVP Telko
A A A
BALI - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menyediakan jaringan 5G di lima titik untuk mendukung perhelatan 10th World Water Forum (WWF) di Nusa Dua, Bali.

Kelima titik jaringan 5G dua di antaranya berada di venue utama WWF, yaitu Bali International Convention Center (BICC) dan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Kemudian Bandara Ngurah Rai untuk menyambut kedatangan delegasi, lalu Garuda Wisnu Kencana yang menjadi venue pendukung dan mini station center Telkom di kawasan ITDC.

"Untuk keamanan dan kenyamanan jaringan kita siapkan tambahan lima titik BTS untuk layanan 5G," kata EVP Divisi Government Service Telkom Syaifudin Syaifudin usai memimpin apel kesiapan Satgas Telkom di kawasan ITDC, Kamis 16 Mei 2024.



Dia memastikan infrastuktur dan jaringan telekomunikasi sudah siap 100% mendukung perhelatan WWF yang akan berlangsung 18-25 Mei 2024.

Selama event digelar, ada 102 personel Telkom yang berjaga 24 jam di mini operation center dan lainnya disebar untuk patroli jarimgan di venue utama dan pendukung.

Untuk jaringan telekomunikasi, disiapkan kapasitas 1.500 giga byte (GB). "Estimasinya peak season WWF tidak sampai 50 persen. Jadi sangat cukup," papar Syaifudin.



Dia memastikan, tim akan bersiaga di pos masing-masing agar bisa segera melakukan recovery jika terjadi kerawanan. "Sejauh ini belum ada (kerawanan)," kata dia.

Disinggung ancaman siber, Syaifudin mengatakan telah siapkan beberapa jalur backbone. Jika ada gangguan di satu jalur, akan pindah ke jalur lainnya secara otomatis. Tim juga akan rutin mengadakan patroli untuk mendeteksi jika terjadi ancaman siber.

Dia menambahkan, posko kesehatan juga disiapkan mengingat tim akan bekerja 24 jam selama sepekan. "kita sediakan multivitamin untuk menjaga stamina teman-teman di lapangan," kata Syaifudin.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)