Cara Flash HP Samsung Semua Tipe, Dijamin Anti Ribet

Senin, 13 Mei 2024 - 18:10 WIB
loading...
Cara Flash HP Samsung Semua Tipe, Dijamin Anti Ribet
Ada banyak cara untuk melakukan software update pada Samsung Galaxy semua tipe. (Foto: Android Authority)
A A A
JAKARTA - Sebagian pengguna ponsel Samsung yang mengalami kendala di area software mencoba memperbaiki sendiri. Caranya dengan metode flashing alias update software. Lantaran itu cara flash HP Samsung semua tipe banyak dicari.

Sebenarnya adabeberapa cara untuk melakukan software update pada Samsung Galaxy berbagai tipe. Antara lain melalui Over-The-Air (OTA), Samsung SmartSwitch di PC, dan melalui metode Flashing (ODIN). Melansir situs resmi Samsung, Senin (13/5/2024) metode flashing sedikit lebih teknis, namun melakukan software update dengan flashing sangat mudah.

Flashing dikenal sebagai proses install software secara keseluruhan pada Samsung Galaxy . Kelebihannya, update dengan metode ini sangat praktis karena mendapatkan size file yang kecil.

Software update yang diunduh hanya bagian yang diubah atau ditambah, bukan software secara keseluruhan. Minim interupsi saat proses unduh juga berpengaruh pada keutuhan software tersebut. Alih-alih mengunduh sebagian kecil dari software, metode Flashing akan mengunduh dan meng-install keseluruhan software, sehingga metode ini juga bisa meringankan resikobugskarena update.


Secara rinci, berikut cara flash HP Samsung semua tipe:

1. Temukan nomor model dan kode wilayah ponsel


Dua hal kecil, namun penting yaitu menemukan nomor model dan kode wilayah negara ponsel yang digunakan (Kode CSC). Untuk mendapatkan nomor model Galaxy, cukup bukaSettings>About Phone> Lihat padaModel Number. Abaikan tulisan "/DS" apabila tertera. Untuk kode negara Indonesia, kode Region yang digunakan adalahXID. Namun apabila menggunakan Galaxy versi luar negeri, dapat menemukannya diSettings>About Phone>Software Information> TemukanService Provider Software Version.

2. Unduh Firmware dan ODIN


Langkah berikutnya, mengunduh firmware official Galaxy melalui SamMobile, SamFrew, SamFW atau SamFirm sekaligus mengunduh ODIN via komputer.

Untuk proses unduh firmware melalui website, langkah pencarian firmware tidak jauh berbedam Setelah mengunduh SamFirm, jalankan aplikasiSamFirm. Pada kolomModel, masukkannomor modelyang Galaxymu gunakan. Kemudian isiRegiondenganINDONESIA (XID).
Apabila sudah, klikCheck Update. Apabila update tersedia, cukup klikDownload.
Karena file yang di download besar dan tergantung pada kecepatan internet, pengguna dapat menunggu sambil melakukan aktivitas yang lain.

Apabila proses unduh selesai, biasanya muncul lima file, di antaranya diawali dengan kataAP,BL,CP,CSC, danHOME_CSC. Selain itu, pada aplikasi SamFirm akan menunjukkan kata "Operation Done".Maka dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.


3. Proses Flashing


Buka aplikasi ODIN. Masukkan firmware yang telah diunduhsesuai pada kolom yang tersedia. Tetaplah menunggu apabila ODIN sempat Not Responding saat proses memasukkan file (berhubung file yang digunakan sangat besar) masukkan Galaxymu keDownload Modedengan mengikuti langkah berikut:

Sambungkan kabel data ke PCtanpa menyambungkannya ke Galaxy terlebih dahulu

Tekan dan tahanVol. UpdanVol. Downsecara bersamaan
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2714 seconds (0.1#10.140)
pixels