Parade, Sistem Anti-Drone Olimpiade Paris 2024 yang Gagal

Kamis, 09 Mei 2024 - 09:47 WIB
loading...
Parade, Sistem Anti-Drone Olimpiade Paris 2024 yang Gagal
Gelaran Olimpiade Paris 2024 ditata dengan sistem keamanan canggih anti-drone, Parade. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Gelaran Olimpiade Paris 2024 ditata dengan sistem keamanan canggih anti-drone, Parade. Meski canggih, nampaknya ada sistem yang gagal.

Kekhawatiran muncul mengenai sistem anti-drone baru senilai €350 juta atau Rp6 miliar. Lantaran saat diuji coba masih gagal membedakan antara pesawat tak berawak teroris dan AC (pendingin ruangan). Hal ini meningkatkan kekhawatiran bagi 500.000 penonton yang dijadwalkan hadir di Olimpiade Paris.

Melansir The Times, Kamis (9/5/20254) sistem Parade yang dipuji sebagai hal penting dalam melawan teror di Olimpiade, ternyata tidak seefektif yang dibayangkan selama pengujian terbaru. Sistem ini hanya dapat mengidentifikasi satu dari setiap tiga drone di daerah perkotaan padat penduduk sejauh 800 meter. Sistem ini juga salah mengidentifikasi baling-baling unit AC sebagai drone.

Seorang perwakilan dari Thales, pembuat Parade, mengatakan bahwa teknologi tersebut, yang didasarkan pada algoritma pemrosesan lanjutan menunjukkan kecanggihannya selama Piala Dunia Rugby 2023.



"Mengingat taruhan yang ada, wajar jika pengembangan algoritma ini dan penyetelan sensor ini membutuhkan usaha dan waktu, tetapi yang terpenting adalah bersiap untuk Olimpiade 2024 dengan sistem yang sepenuhnya diadopsi oleh operator angkatan bersenjata," kata mereka.

Upacara pembukaan Olimpiade 2024 kurang dari tiga bulan lagi, maka otoritas Prancis harus meningkatkan perangkat Parade yang dibangga-banggakan dengan sistem yang dilaporkan melibatkan personil dan teknologi dari Angkatan Udara Kerajaan Inggris. Sistem Parade memenangkan tender senilai dari badan pengadaan pertahanan Prancis untuk menciptakan sistem anti-drone pada 2022.



Olimpiade Paris 2024 akan digelar mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 dan akan mengubah Paris menjadi pusat olahraga dunia. Selain itu, diperkirakan upacara pembukaan akan menjadi acara bertabur bintang, dengan sekitar 10.500 peserta turun dari perahu mereka dan berbaris menuju lokasi upacara di Paris, Prancis.

Upacara pembukaan Olimpiade 2024 akan diadakan di Trocadéro Plaza, yang menghadap ke Menara Eiffel Paris yang terkenal. Bagian terakhir dari program akan berlangsung ketika lebih dari 10.000 atlet turun dari perahu dan tiba di lokasi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5529 seconds (0.1#10.140)