7 Cara Tingkatkan Akurasi Fingerprint di Smartphone

Jum'at, 19 April 2024 - 22:00 WIB
loading...
7 Cara Tingkatkan Akurasi Fingerprint di Smartphone
Dengan meningkatkan akurasi fingerprint di HP akan membuat sensor bekerja lebih cepat. (Foto: Pexels)
A A A
JAKARTA - Masalah fitur fingerprint pada HP gagal mengenali sidik jari pengguna mungkin pernah dialami sebagian orang. Untuk itu, penting mengetahui cara meningkatkan akurasi fingerprint agar pengoperasian smartphone berjalan lancar.

Dengan meningkatkan akurasi fingerprint di HP juga akan membuat sensor bekerja lebih cepat. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana dihimpun dari Android Police, Jumat (19/4/2024):

1. Daftarkan sidik jari lebih dari sekali


Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan akurasi fingerprint adalah dengan mendaftarkan sidik jari yang sama lebih dari satu kali. Dengan mendaftarkan jari yang sama beberapa kali, akan memberi sistem lebih banyak titik data untuk digunakan sehingga meningkatkan akurasi dan mengurangi kesalahan.

2. Gunakan sidik jari alternatif


Selain sidik jari jempol, sidik jari telunjuk juga bisa digunakan sebagai alternatif karena posisi telunjuk biasanya sejajar dengan sensor fingerprint. Tapi perlu diingat juga bahwa ukuran tangan dan penempatan sensor fingerprint berbeda-beda setiap HP, jadi gunakan jari yang paling pas.


3. Sejajarkan jari dengan benar


Penempatan jari adalah kunci untuk mendapatkan kinerja terbaik dari sensor fingerprint. Tutupi seluruh bagian sensor dengan ujung jari, letakkan rata tanpa miring guna memastikan sidik jari yang ditangkap rata dan berada di tengah, yang pada akhirnya mempercepat proses pemindaian.

4. Pastikan jari bersih


Selain mensejajarkan posisi jari dengan benar, syarat lain untuk meningkatkan akurasi fingerprint juga bisa dilakukan dengan cara memastikan jari bersih dari kotoran. Pastikan juga jari tidak basah karena akan menyulitkan sensor membaca sidik jari.

5. Jaga kebersihan sensor fingerprint


Jika area permukaan pemindaian sensor sidik jari kotor, pastinya akan mengalami kesulitan memindai sidik jari selama proses autentikasi. Untuk menghindarinya, mulailah dengan membersihkan permukaan sensor dengan kain mikrofiber yang lembut yang lembut dan tidak berbulu untuk menghilangkan kotoran, debu, atau noda.


6. Lepaskan atau ganti pelindung layar


Masalah fingerprint di bawah layar mungkin disebabkan oleh pelindung layar yang digunakan. Terkadang, pelindung layar, terutama yang lebih tebal seperti kaca tempered, cenderung mengurangi sensitivitas sentuhan. Lepaskan atau ganti pelindung layar untuk memaksimalkan kinerja sensor.

7. Kalibrasi ulang sidik jari


Cara terakhir untuk meningkatkan akurasi fingerprint di HP adalah dengan menghapus sidik jari lama jika sensor sidik jari tidak lagi responsif seperti dulu. Mulailah dari awal dan kalibrasi sensor sesuai penggunaan dan genggaman saat ini.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5154 seconds (0.1#10.140)