Kian Mudah, Apple Terima Perbaikan iPhone Rusak

Sabtu, 13 April 2024 - 19:05 WIB
loading...
Kian Mudah, Apple Terima Perbaikan iPhone Rusak
Apple mempermudah perbaikan perangkat model iPhone. (Foto: Apple)
A A A
JAKARTA - Kondisi ponsel iPhone yang rusak kerap menimbulkan kendala tersendiri karena melalui prosedur rumit Apple. Kini prosedur perbaikan kian mudah.

Dailymail melansir, Sabtu (13/4/2024) Apple mempermudah perbaikan perangkat model iPhone tertentu. Selama ini tidak ada proses tambal sulam komponen dari tipe lain, namun aturan baru dapat menerima komponen bekas – seperti layar atau kamera – dari iPhone lain, selama komponen tersebut merupakan komponen Apple orisinal.

Saat ini, ketika seseorang memasukkan komponen bekas ke iPhone, perangkat menolaknya dengan membatasi fungsionalitas dan mengirimkan pemberitahuan tentang 'bagian tidak dikenal'. Hal ini tentu saja menandai langkah maju yang positif untuk gerakan hak untuk perbaikan yang menekan raksasa teknologi untuk membuat ponsel lebih mudah diperbaiki.

Namun, seorang pakar mengatakan perusahaan multi-triliun dolar itu hanya melakukan perubahan karena tekanan dari para pembuat undang-undang. Dalam sebuah unggahan blog, Apple mengatakan pembaruan tersebut akan hadir untuk model iPhone tertentu, meskipun TechCrunch melaporkan bahwa ini mengacu pada iPhone 15 dan iPhone 16 yang akan rilis mendatang.

"Onderdil Apple asli bekas sekarang akan mendapatkan manfaat dari fungsionalitas dan keamanan penuh yang diberikan oleh kalibrasi pabrik asli, sama seperti onderdil Apple asli yang baru," kata Apple dalam pernyataannya.



Saat ini, Apple mengharuskan pelanggan untuk menjalani pencocokan onderdil ketika mereka ingin memasang onderdil baru di iPhone. Saat membeli iPhone, perangkat lunak ponsel tersebut diberi kode untuk mengenali nomor seri untuk komponen yang berbeda, seperti layar dan baterai.

Akibatnya, jika iPhone dilengkapi dengan komponen dengan nomor seri yang tidak dikenali oleh perangkat lunak, beberapa fitur iPhone tidak akan berfungsi dengan baik. Terlebih lagi, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan yang memberi tahu mereka bahwa ponsel tidak dapat menentukan apakah baterai atau layar yang baru dipasang 'adalah komponen Apple asli'.

Menurut pengujian oleh iFixit, dengan batasan pencocokan onderdil saat ini, jika layar iPhone 15 yang rusak diganti dengan layar yang identik, fitur utama seperti kamera depan, face ID, dan kecerahan otomatis berhenti berfungsi.

Kondisi ini karena ponsel mengenali setiap bagian yang dipasangkan dengannya dan membatasi kemampuan untuk mengganti komponen tanpa proses kepemilikan untuk mengembalikan fungsionalitas. Melalui pembaruan baru, tampaknya Apple mengambil langkah pertama dari pencocokan onderdil. Beberapa bulan mendatang, kalibrasi untuk onderdil Apple asli, baru atau bekas, akan terjadi pada perangkat setelah onderdil dipasang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)