Lakukan Genosida, Indonesia Didesak Boikot Perusahaan Teknologi Asal Israel

Senin, 08 April 2024 - 19:54 WIB
loading...
Lakukan Genosida, Indonesia Didesak Boikot Perusahaan Teknologi Asal Israel
Israel gempur wilayah Gaza dengan peralatan perang canggih. FOTO/ BBC
A A A
JAKARTA - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan Israel telah melakukan kejahatan perang melalui "hukuman kolektif" terhadap orang-orang di Jalur Gaza. Tak hanya itu seruan kepada negara-negara Islam termasuk Indonesia agar memboikot produk Isael.



Beberapa produk perusahaan teknologi asal Israel yang banyak digunakan di Indonesia. Dalam hal ini,Israel tidak hanya sebatas produk namun mereka juga mempunyai banyak startup atau perusahaan rintisan di berbagai bidang.

Israel belum juga berhenti menggempur Palestina hingga saat ini. Tak heran, banyak orang termasuk di Indonesia yang menyerukan boikot produk Israel.

Dalam hal ini, Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mendukung dan mengapresiasi pernyataan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk tidak lagi menerima bantuan dari produk yang terbukti terafiliasi seperti McDonalds. Keputusan Baznas RI ini diklaim langsung sesuai arahan dari Ketua Baznas RI Noor Achmad pada Kamis (4/4/2024).

Selama ini Baznas RI mendapatkan kritik dan kecaman dari dari berbagai elemen masyarakat karena mewadahi pencitraan dari produk-produk zionis seperti Danone AQUA, Unilever dan McDonalds untuk mendapatkan simpati masyarakat dengan memberikan sumbangan. Sumbangan tersebut seolah mendukung Palestina, padahal manajemen internasional (pusat) brand tersebut secara terang-terangan mendukung genosida.

"YKMI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua Baznas RI yang menyatakan saat ini mereka tidak lagi mengumpulkan donasi dari McDonalds yang merupakan produk terafiliasi dengan Israel," kata Direktur Eksekutif YKMI, Ahmad Himawan dalam keterangannya pada Minggu (7/4/2024) kemarin.

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mendukung dan mengapresiasi pernyataan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk tidak lagi menerima bantuan dari produk atau perusahaan yang terbukti terafiliasi dengan Israel,

"Untuk itu YKMI berharap perusahaan yang terafiliasi dengan Israel yang memberikan donasinya juga harus ditolak Baznas. Jangan terjebak pada pemberian donasi karena yang memberi donasi belum tentu tidak terafiliasi,” tegas Ahmad Himawan

Berikut beberapa aplikasi buatan Israel yang sering digunakan di Indonesia.

1. Waze

Melansir Reuters, Waze merupakan pemetaan dan navigasi asal Israel. Waze menggunakan sinyal satelit dari ponsel pintar anggotanya untuk menghasilkan peta dan data lalu lintas, yang kemudian dibagikan kepada pengguna lain, sehingga menawarkan informasi lalu lintas secara real-time.

Waze merupakan perusahaan rintisan asal Israel yang didirikan pada 2008 oleh Uri Levine, Ehud Shabtai, dan Amir Shinar. Sekarang Waze merupakan anak perusahaan Google setelah diakuisisi pada 2013.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)