Tren Penggunaan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Internet Tetap Lancar

Senin, 08 April 2024 - 10:30 WIB
loading...
Tren Penggunaan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Internet Tetap Lancar
Mesh Wi-Fi seperti TP Link Deco X10 memberikan opsi kustomisasi bagi pengguna untuk mengatur internet di rumah. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Adopsi mesh Wi-Fi semakin populer. Terutama, di rumah tingkat ketika masing-masing anggota keluarga butuh internet cepat di seluruh penjuru rumah.

Mesh Wi-Fi sendiri berperan sebagai “jala pemancar sinyal” dari router utama yang terhubung di layanan penyedia jaringan Internet. Alat ini akan membantu menguatkan sinyal Wi-Fi di seluruh penjuru rumah. Khususnya, di tempat-tempat yang tidak terdeteksi.

Kebutuhan terhadap Mesh Wi-Fi ini belakangan semakin tinggi, kebutuhan akan sinyal W-Fi yang stabil di seluruh penjuru rumah. Perangkat seperti TP-Link Deco X10 tak sekadar berfungsi sebagai mesh Wi-Fi saja.

Namun, memiliki dukungan seperti aplikasi Deco yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya Parental Controls untuk membatasi konsumsi internet di rumah, serta fitur keamanan untuk menghindari spam.

1. Perangkat
Tren Penggunaan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Internet Tetap Lancar

TP-Link Deco X10 dipasarkan dalam opsi 1, 2, dan 3 pack. Di marketplace, harga Deco X10 adalah Rp1,8 juta. 1 unit Deco X10 bisa mengkover wilayah hingga 185 meter persegi. Artinya, untuk rumah 2 lantai sebenarnya cukup 1 atau 2 unit Deco X10 saja.

Desainnya sendiri elegan, dengan warna putih dan terlihat indah sebagai “pajangan”. Di dalam dus bawaan, pengguna sudah mendapatkan kabel power adapter juga ethernet untuk dicolok ke modem.

Proses instalasi pun mudah. Hanya saja setelah itu pengguna perlu melakukan penyetelan ulang beberapa perangkat elektronik karena jaringannya baru. Misalnya jika di rumah memakai CCTV, Smart TV, lampu pintar, dan lainnya.

2. Penggunaan
Tren Penggunaan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Internet Tetap Lancar

Cara menggunakan Deco X10 sederhana. Lakukan langkah ini:

- Hubungkan modem internet ke Deco unit utama melalui kabel Ethernet.
- Hubungkan Deco unit lainnya ke stopkontak dan tunggu hingga LED menyala.
- Buka aplikasi TP-Link Deco dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan.

Beberapa fitur Deco X10 yang perlu dicermati:

- AI-Driven Mesh: Fitur ini diaktifkan secara otomatis.
- Parental Controls: Buka aplikasi Deco, pilih "More" > "Parental Controls".
- Guest Wi-Fi: Buka aplikasi Deco, pilih "Wi-Fi" > "Guest Wi-Fi".
- Network Optimization: Buka aplikasi Deco, pilih "More" > "Tools" > "Network Optimization". Pengguna bisa memantau performa dan penggunaan internet Deco X10.

3. Penempatan

Perangkat mesh Wi-Fi seperti Deco X10 idealnya diletakkan di lokasi sentral. Hindari penempatan di dekat benda logam, elektronik, atau tembok tebal. Performa optimal untuk satu unit Deco X10 mampu mengkover 185 meter persegi. Jadi cukup luas.

4. Fitur-fitur
Tren Penggunaan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Internet Tetap Lancar

Konfigurasi aplikasi TP-Link Deco sebenarnya tidak terlalu sulit. Setelah mengunduh Deco X10, pengguna bisa menyesuaiakan pengaturan seperti nama jaringan, kata sandi, dan kontrol orang tua. Pengguna bisa mengaktifkan fitur AI-Driven Mesh untuk optimasi jaringan otomatis.

Fitur Parental Controls cocok dipakai untuk mengontrol akses internet anak-anak. Misalnya, orang tua bisa menonaktifkan Wi-Fi untuk perangkat dan IP Address tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)